Sukses


Paksa Timnas Inggris Perpanjangan Waktu, Belanda Dramatis ke Final UEFA Nations League

Bola.com, Jakarta Timnas Belanda menapakkan kaki ke final UEFA Nations League seusai menggasak Timnas Inggris 3-1 lewat perpanjangan waktu, Jumat (7/6/2019) dini hari WIB di Stadion D. Alfonso Henriques. Laga iniĀ 

Eksekusi penalti Marcus Rashford pada menit ke-32 membawa Inggris unggul terlebih dahulu. Gol Matthijs de Ligt pada menit ke-73 memaksa laga Belanda Vs Inggris berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Pada masa perpanjangan waktu, De oranje memastikan lolos seusai Kyle Walker mencetak gol bunuh diri (97') dan tembakan Quincy Promes (114').

Dengan hasil tersebut, Belanda akan menantang Portugal pada laga final di Stadion Do Dragao, Minggu (9/6/2019). Sementara itu, Inggris akan memperebutkan posisi ke-3 melawan Swiss.

Laga sudah berlangsung ketat sejak menit pertama. Belanda lebih menguasai permainan, akan tetapi Inggris juga sempat beberapa kali mengancam gawang Jesper Cillessen. Meski demikian, belum ada gol yang tercipta.

Setengah jam laga berjalan, Timnas Inggris mendapat hadiah penalti setelah De Ligt melanggar Rashford di kotak terlarang. Rashford sendiri bertindak sebagai algojo dan sukses menaklukkan Cillessen. Inggris unggul 1-0.

Keadaan ini membuat Belanda langsung meningkatkan intensitas serangan mereka. Sayang peluang Ryan Babel hingga Memphis Depay masih belum mampu menghasilkan gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Gareth Southgate melakukan perubahan strategi dengan menarik keluar sang pencetak gol, Rashford untuk digantikan dengan striker yang baru kembali dari cedera, Harry Kane.

Southgate kembali membuat perubahan di lini serang timnya ketika memasukkan Jesse Lingard untuk menggantikan Jadon Sancho. Ronald Koeman merespon dengan menurunkan Quincy Promes dan Donny van de Beek.

Belanda pun sukses menyamakan kedudukan di menit ke-73. Sebuah sepak pojok yang dikirim Memphis berhasil disundul De Ligt untuk membobol gawang Jordan Pickford.

Inggris sempat mencetak gol di menit ke-83 lewat aksi Lingard. Namun wasit Clement Turpin menganulir gol ini setelah melihat VAR. Lingard dinilai offside.

Tak lama berselang, giliran Timnas Belanda yang merasa dirugikan VAR. Sebuah crossing mengenai Ben Chilwell di kotak terlarang. Namun wasit menganggap tak ada handball yang terjadi.

Tujuh menit diberikan wasit untuk masa injury time. Namun kedua tim gagal memanfaatkannya untuk mencetak gol kemenangan. Skor imbang 1-1 menandai masa penuh dan pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

2 dari 3 halaman

Blunder Pertahanan

Memasuki babak extra time, Belanda mampu mengurung pertahanan Inggris. Sayang sebuah peluang emas masih gagal menjadi gol setelah bola mampu dihalau John Stones di garis gawang.

Hal konyol dilakukan pertahanan Inggris di menit ke-97. Setelah Stones membuat blunder ketika bermaksud memberi backpass ke Pickford, bola muntah yang coba dihalau Walker justru mengarah masuk ke gawang timnya sendiri. Inggris pun berbalik tertinggal 1-2.

Belanda pun sukses mengunci kemenangan berkat gol Promes di menit ke-115 yang membuat skor menjadi 3-1. Berawal dari blunder Harry Maguire dan Ross Barkley, bola berhasil direbut Memphis yang kemudian mengirim assist untuk dituntaskan Promes menjadi gol. Skor 3-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): 1-Jasper Cillessen; 17-Daley Blind, 4-Virgil van Dijk, 22-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt; 8-Georginio Wijnaldum, 15-Marten de Roon (20-Donny van de Beek 68'), 21-Frenkie de Jong; 9-Ryan Babel (11-Quincy Promes 68'), 10-Memphis Depay, 7-Steven Bergwijn (6-Davy Propper 90')

Pelatih: Ronald Koeman

Inggris (4-3-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 6-Harry Maguire, 5-John Stones, 14-Benjamin Chilwell; 17-Fabian Delph (8-Jordan Henderson 77'), 18-Ross Barkley, 16-Declan Rice; 11-Jadon Sancho (7-Jesse Lingard 61'), 10-Raheem Sterling, 19-Marcus Rashford (9-Harry Kane 46')

Pelatih: Gareth Southgate

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer