Sukses


9 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Tottenham Hotspur dari RB Leipzig

Bola.com, London - Tottenham Hotspur kalah 0-1 dari RB Leipzig pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions. Hasil ini membuat Spurs harus membalikan keadaan pada pertemuan kedua, demi lolos ke perempat final.

Menjamu RB Leipzig di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (19/2/2020) malam waktu setempat, Tottenham mendapat perlawanan sengit. The Lilywhites mencatatkan 45 persen penguasaan bola, berbanding 55 persen milik Leipzig.

Selain itu, Spurs yang tampil tanpa Harry Kane dan Son Heung-min karena cedera, kesulitan membobol gawang RB Leipzig. Meski melepas 12 tembakan dan enam yang mengarah ke gawang, tak ada satu pun yang berbuah gol.

Di sisi lain, Die Roten Bullen yang memiliki lima peluang bagus dari 16 kesempatan, berhasil mencetak satu gol. Sebiji gol RB Leipzig disarangkan Timo Werner lewat eksekusi penalti pada menit ke-58.

Sampai pertandingan berakhir, Tottenham Hotspur menelan kekalahan 0-1 dari Leipzig. Bagi Tottenham, ini adalah kekalahan kandang ketiga dari klub Jerman. Sebelumnya, mereka takluk dari Bayer Leverkusen dan Bayern Munchen.

Hasil ini membuat langkah Tottenham Hotspur untuk lolos ke perempat final Liga Champions musim ini cukup berat. Pasalnya untuk meraih tiket ke fase selanjutnya, anak asuh Jose Mourinho itu wajib meraih kemenangan dengan selisih dua gol, saat gantian melawat ke markas Leipzig di Red Bull Arena, 10 Maret 2020.

Berikut ini adalah data dan fakta pasca-kekalahan Tottenham Hotspur dari RB Leipzig:

 

 

2 dari 4 halaman

Raih Hasil Minor Kontra Klub Jerman

1. Dari kekalahan kandang Tottenham Hotspur di Liga Champions, 38 persen di antaranya tercipta ketika bersua klub Jerman (3 kekalahan dari 8 laga).

2. Selain melawan RB Leipzig, dua klub Jerman lainnya yang berhasil membungkam Tottenham di kandangnya sendiri adalah Bayer Leverkusen pada November 2016 dan Bayern Munchen pada Oktober 2019.

3. Sepanjang kariernya sebagai pelatih di ajang Liga Champions, menajer Tottenham, Jose Mourinho, telah menelan tiga kekalahan pada laga tandang fase knock-out. Kekalahan pertama adalah saat masih menangani Chelsea pada Februari 2006 (melawan Barcelona) dan bersama Real Madrid pada April 2011 (juga kontra Barcelona).

4. Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann (32 tahun 211 hari), menjadi pelatih termuda pada fase knock-out Liga Champions. 

3 dari 4 halaman

Torehan Timo Werner

5. RB Leipzig melepaskan 12 tembakan pada babak pertama kontra Spurs. Jumlah tersebut adalah tembakan terbanyak yang pernah Leipzig lepaskan pada 45 menit pertama, dalam laga tandang Liga Champions.

6. Tujuh gol pertama Timo Werner bersama RB Leipzig di Liga Champions tercipta pada laga tandang. Itu adalah torehan terpanjang seorang pemain di Liga Champions, sebelum mencetak gol kandang yang pertama.

7. Jose Mourinho menjadi pelatih keempat yang memimpin klub asuhannya tampil dalam 150 pertandingan di Liga Champions, setelah Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, dan Carlo Ancelotti.

8. Dari 150 pertandingan tersebut, Jose Mourinho meraih 81 kemenangan. Dia hanya kalah dari Carlo Ancelotti yang sukses memetik 84 kemenangan.

9. Tottenham Hotspur adalah klub keenam yang ditangani Jose Mourinho pada fase knock-out Liga Champions (FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham Hotspur).

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer