Sukses


Superstar: Kevin De Bruyne, Sang Kreator Serangan Manchester City

Bola.com, Madrid - Kevin De Bruyne kembali memperlihatkan magisnya bersama Manchester City. Teranyar, De Bruyne tampil gemilang saat City bersua Real Madrid pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions.

Melawat ke markas Madrid di Santiago Bernabeu, Rabu (26/2/2020), manajer City, Pep Guardiola, menerapkan formasi yang tak biasa. Jika biasanya memakai taktik 4-3-3, kali ini Guardiola menerapkan strategi 4-4-1-1.

Kevin De Bruyne dipercaya menempati pos gelandang serang. Dia menyokong Bernardo Silva yang secara mengejutkan diplot oleh Guardiola sebagai penyerang tunggal.

Pemain Timnas Belgia itu mampu menjadi kreator serangan Man City, dan pergerakannya kerap merepotkan lini belakang Real Madrid. Berdasarkan statistik di Whoscored, De Bruyne melepaskan tiga tembakan yang satu mengarah ke gawang, menorehkan empat umpan kunci, serta 68 kali sentuhan.

Pemain berusia 28 tahun tersebut berhasil menjadi kreator gol Gabriel Jesus pada menit ke-78. Umpan lambung Kevin De Bruyne dari sisi kiri sukses dituntaskan Jesus menjadi gol dengan sundulan.

Gol Gabriel Jesus membuat Manchester City menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sebelumnya, Real Madrid unggul lebih dulu berkat gol Isco pada menit ke-60.

Masuk menit ke-83, Kevin De Bruyne berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Eksekusi penalti eks gelandang Chelsea itu ke sisi kiri mampu mengelabui kiper Madrid, Thibaut Courtois. Sampai pertandingan berakhir, Manchester City memetik kemenangan 2-1 atas Real Madrid.

 

2 dari 3 halaman

Otak Serangan The Citizens

Bergabung dengan sejak 30 Agustus 2015, Kevin De Bruyne merupakan otak serangan Manchester City. Memiliki akurasi umpan di atas rata-rata dan piawai membobol gawang lawan, peran De Bruyne di lini tengah The Citizens sulit tergantikan.

Pada musim ini, dia berhasil mencetak sembilan gol dan 20 assist dari 34 pertandingan yang sudah dijalani bersama Man City. Berkat kontribusinya tersebut, City berhasil meraih 23 kemenangan, lima hasil imbang, dan menelan enam kekalahan dari 34 laga tersebut.

Tampil gemilang pada laga kontra Real Madrid membuat Kevin De Bruyne menuai pujian, satu di antaranya datang dari eks bek Manchester United, Rio Ferdinand. Menurut Ferdinand, De Bruyne saat ini adalah gelandang terbaik di dunia.

"Dia (De Bruyne) adalah gelandang terbaik di dunia saat ini. Saya menilai tidak ada pemain yang bisa menirunya, dalam hal apa yang bisa dia lakukan," puji Ferdinand.

"Dia melakukan segalanya, dalam hal kemampuan atletik, lari dari kejaran pemain lawan, pujian untuk umpannya. Pengambilan keputusannya di sepertiga akhir lapangan, 99 persen dari waktu dia melakukannya dengan benar," tuturnya.

Sumber: Whoscored, Transfermarkt, Metro

3 dari 3 halaman

Video

Diego Simeone dan 7 Legenda Lazio yang Tak Boleh Dilupakan

Video Populer

Foto Populer