Sukses


Setelah Real Madrid, Giliran Atletico Runtuhkan Kedigdayaan Liverpool di Stadion Anfield

Bola.com, Liverpool - Atletico Madrid menang 3-2 atas Liverpool pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (11/3/2020). Selain lolos ke perempat final, Atletico meruntuhkan kedigdayaan The Reds di Stadion Anfield.

Bertandang ke markas lawan, Atletico tampil di bawah tekanan. Anak asuh Diego Simeone tersebut mencatatkan 64 persen penguasaan bola, berbanding 36 persen milik Liverpool.

Atletico Madrid pun tertinggal lebih dulu pada menit ke-43. Umpan lambung Alex Oxlade-Chamberlain dari sisi kanan berhasil dikonversikan Georginio Wijnaldum menjadi gol dengan sundulan.

Sampai 2x45 menit berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool tetap bertahan. Hasil itu membuat agregat menjadi sama kuat 1-1, setelah pada pertemuan pertama 16 besar Liga Champions, Los Rojiblancos menang 1-0.

Alhasil, pertandingan harus berlanjut ke babak extra time. Liverpool berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-94 lewat aksi Roberto Firmino.

Tertinggal dua gol, Atletico Madrid tak menyerah. Mereka pun berhasil mencetak tiga gol, sekaligus membalikkan kedudukan. Ketiga gol Atletico disarangkan Marcos Llorenta pada menit ke-97, 105+1', dan Alvaro Morata menit ke-120+1.

Sampai pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk kemenangan Atletico Madrid tetap bertahan. Hasil ini pun membuat Los Rojiblancos menembus perempat final Liga Champions, sedangkan Liverpool gagal mempertahankan titel juara.

 

Video

2 dari 4 halaman

Runtuhkan Hegemoni Liverpool di Stadion Anfield

Selain mengamankan tiket ke babak empat besar Liga Champions, Atletico Madrid juga sukses meruntuhkan hegemoni Liverpool di Stadion Anfield. Sebelumnya, The Reds tak terkalahkan dalam 25 laga terakhir di Anfield pada turnamen Eropa.

Klub terakhir yang sukses membungkam Liverpool di Stadion Anfield adalah rival sekota Atletico, Real Madrid, pada 22 Oktober 2014. Saat itu, Madrid menang 3-0 atas skuat Si Merah pada laga Grup B Liga Champions 2014-2015.

"Saya sangat senang untuk tim dan klub. Kami kembali masuk jajaran delapan klub terbaik di Eropa dan telah mengalahkan lawan yang luar biasa," ujar pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

"Liverpool brilian, dengan suporter mereka mendorong seperti yang mereka lakukan, tetapi kami mampu melewati Itu," lanjutnya.

Bukan hanya kedigdayaan Liverpool di Stadion Anfield yang berakhir, sejumlah fakta menarik lainnya juga tersaji. Berikut ini adalah data dan fakta pasca-duel Liverpool versus Atletico Madrid.

3 dari 4 halaman

Pertama Kalinya Kandas

1. Ini adalah untuk pertama kalinya Liverpool gagal lolos ke fase selanjutnya dalam dua laga leg di turnamen Eropa, di bawah asuhan Jurgen Klopp. Dalam 10 laga sebelumnya, The Reds selalu lolos.

2. Liverpool untuk pertama kalinya menelan kekalahan pada laga kandang di turnamen Eropa bersama Jurgen Klopp. Terakhir kali skuat Si Merah menelan kekalahan di Anfield pada ajang Eropa adalah Oktober 2014.

3. Bagi Liverpool, ini adalah untuk pertama kalinya kandas pada 16 besar Liga Champions, sejak 2006.

4. Atletico Madrid selalu lolos ke babak selanjutnya dalam lima dari enam laga fase knock-out terakhir di Liga Champions, setelah meraih kemenangan pada leg pertama. Mereka hanya gagal pada 16 besar Liga Champions musim lalu kontra Juventus (menang 2-0 pada leg pertama, dan kalah 0-3 pada leg kedua).

5. Liverpool untuk pertama kalinya menelan kekalahan dalam dua leg pertandingan Liga Champions, setelah terakhir kali terjadi pada 16 besar musim 2005-2006 kontra Benfica.

4 dari 4 halaman

4 Gol Perdana

6. Ini adalah untuk pertama kalinya di Liga Champions tercipta empat gol pada extra time.

7. Marcos Llorente adalah pemain Atletico Madrid pertama yang berhasil mencetak dua gol sebagai pemain pengganti, pada laga Liga Champions. Terakhir kali hal serupa dilakukan Sergio Aguero pada laga kontra Chelsea, November 2009.

8. Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, mencetak gol pertama dari 20 pertandingan terakhir di Stadion Anfield. Terakhir kali Firmino mencetak gol pada laga kandang adalah kontra Porto pada April 2019 atau 337 hari lalu.

9. Empat dari lima gol Georginio Wijnaldum di Liga Champions bersama Liverpool tercipta pada fase knock-out.

10. Gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain, terlibat langsung dalam empat gol di Liga Champions musim ini (3 gol; 1 assist).

Sumber: BBC, UEFA

Video Populer

Foto Populer