Sukses


Laga Liverpool Vs Atletico Madrid Bantu Sebarkan COVID-19?

Bola.com, Jakarta - Muncul spekulasi bahwa penyebaran virus corona COVID-19 di Liverpool karena adanya laga Liga Champions di Anfield pada 11 Maret 2020. Saat itu, Atletico Madrid datang bertandang, ditemani oleh 3.000 suporter setianya dari Ibu Kota Spanyol.

Beberapa wilayah di Spanyol, termasuk Madrid, kala itu sudah menerapkan karantina wilayah akibat corona. Namun, ribuan suporter Atletico tetap bisa datang ke Anfield.

Memang, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah kota Liverpool mengenai hubungan antara laga Liverpool kontra Atletico dengan merebaknya corona di sama, namun demiian, ketua penasihat sains Angela McClean, akan melakukan investigasi lebih lanjut.

"Akan sangat menarik, ketika investigasi saintifik selesai, apakah ada hubungannya antara laga tersebut dengan virus corona di Liverpool dan Spanyol." katanya dinukil dari BBC.

Sebelumnya, kepada The Guardian, Matthew Ashton, seorang ahli kesehatan masyarakat menegaskan bahwa laga Liverpool kontra Atletico seharusnya tidak digelar.

Di tempat lain, Walikota Madrid, Jose Luis Martinez-Almeida mengakui pihaknya salah karena membiarkan suporter Atletico Madrid bertandang ke Liverpool.

"Tidak masuk akal mengetahui 3.000 suporter Atletico memasuki Anfield pada waktu itu," ujar Martinez-Almeida kepada stasiun radio lokal, Onda Cero.

Data terakhir menyebutkan, sedikitnya 246 pasien COVID-19 meninggal dunia di Liverpool. Sementara di Inggris, total sudah lebih dari 20.000 korban akibat corona.

 

Video

2 dari 2 halaman

Perizinan Laga Liverpool vs Atletico Madrid

Pemerintah Inggris, di sisi lain, menolak hipotesis yang mengklaim bahwa Liverpool versus Atletico adalah biang penyebaran virus corona COVID-19. Rishi Sunak, Menteri Keuangan Inggris, menilai laga itu sudah melewati tahapan-tahapan tertentu sehingga aman untuk digelar.

"Dalam setiap tahapan krisis ini kami selalu dipandu tinjauan saintifik dan mengambil keputusan yang tepat pada saat itu," kata Sunak.

"Terkadang ada kebijakan keliru diambil pada waktu yang salah, mempertimbangkan keberlanjutan dan sebagainya," katanya lagi.

Inggris menerapkan kebijakan karantina wilayah pada 23 Maret hingga saat ini. Sementara laga Liverpool kontra Atletico Madrid digelar pada 11 Maret.

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer