Sukses


Resmi, Bundesliga Musim Ini Kembali Bergulir pada 16 Mei

Bola.com, Jakarta - Setelah mendapatkan izin dari pemerintah Jerman, Bundesliga dan 2. Bundesliga resmi kembali bergulir pada 16 Mei mendatang. Liga Jerman bakal dihelat tertutup dan di bawah protokol kesehatan yang ketat.

Bundesliga dan Bundesliga 2 telah terhenti sejak 13 Maret lalu akibat pandemi virus corona. Pemerintah Jerman melarang segala kegiatan olahraga serta memberlakukan kebijakan lockdown, demi menekan penyebaran COVID-19.

Aturan itu pun berjalan dengan baik. Jerman menjadi negara di Eropa dengan tingkat kesembuhan tertinggi, yakni 139.900 dari 168.276 pasien yang dinyatakan positif virus corona.

Oleh karena itu, pemerintah Jerman mulai melonggarkan aturan lockdown sejak 4 Mei 2020. Pada Rabu (6/5/2020), ke-16 pemimpin negara bagian Jerman melakukan pertemuan untuk membahas berbagai hal, termasuk kelanjutan Bundesliga dan 2. Bundesliga musim ini.

Hasilnya, Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan pemimpin negara bagian memberi lampu hijau agar kompetisi bisa kembali bergulir pada pertengahan Mei. Namun, pertandingan berlangsung dengan beberapa protokol kesehatan yang ketat.

Beberapa kewajiban yang harus dijalani adalah pertandingan Bundesliga digelar tertutup dan suporter dilarang datang ke stadion, pemain wajib menjalani tes COVID-19, serta hanya ada 300 orang (termasuk pemain, staf, dan ofisial) yang berada di atau sekitar stadion pada hari pertandingan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Dihelat pada 16 Mei

Setelah mendapatkan izin, German Football League (DFL) menetapkan jadwal bergulirnya Bundesliga dan 2. Bundesliga musim ini adalah 16 Mei 2020. Sementara itu, laga terakhir akan dihelat pada 27 dan 28 Juni 2020.

"Ke-36 klub Bundesliga dan 2. Bundesliga membahas kembali dimulainya kompetisi pada Pertemuan Umum DFL, Kamis (7/5/2020). Setelah kemarin Presidium DFL memilih 15 Mei untuk melanjutkan musim, akhirnya 16 Mei ditetapkan sebagai tanggal yang tepat," bunyi pernyataan resmi Bundesliga.

"Dengan demikian, DFL berdasarkan pada keputusan pemerintah federal dan negara bagian yang menyatakan bahwa pertengahan Mei adalah kembalinya Bundesliga dan 2. Bundesliga dapat diterima."

3 dari 3 halaman

Liga Top Eropa Pertama yang Kembali Bergulir

Bundesliga menjadi liga top Eropa yang pertama yang kembali mengggulirkan kompetisi di tengah pandemi virus corona. Liga-liga besar lain juga sudah berencana untuk meneruskan kompetisi, tetapi masih menunggu izin resmi dari pemerintah masing-masing.

Saat ini, Bayern Munchen berada di puncak klasemen sementara Bundesliga dengan nilai 55 hasil dari 25 laga. Die Bayern unggul empat poin atas Borussia Dortmund yang berada di peringkat kedua.

Sumber: BBC, Bundesliga

Video Populer

Foto Populer