Sukses


VIDEO: Zinedine Zidane dan 3 Legenda yang Raih Trofi Liga Champions, Piala Dunia, dan Ballon d'Or

Bola.com, Jakarta - Tahukah kamu siapa saja legenda yang sudah meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia, dan Ballon d'Or? Salah satu jawabannya adalah maestro sepak bola dari Prancis, Zinedine Zidane.

Zinedine Zidane menjadi sosok yang lengkap dengan beragam trofi baik sebagai pesepak bola maupun pelatih. Saat masih aktif menjadi pemain, Zizou pernah meraih trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Ia meraihnya pada musim 2001-2002, di mana Los Blancos mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1 di Glasgow, Skotlandia. Zidane bahkan pencetak gol kemenangan dengan aksi tendangan voli yang fenomenal dan terus diingat hingga sekarang.

Bagaimana dengan trofi Piala Dunia? Kapankah pesepak bola kelahiran Marseille, Prancis, tersebut meraihnya? Zidane mendapatkan trofi tersebut pada 1998. Ia kembali menjadi penentu kemenangan dengan dua gol tandukan kepala pada menit ke-27 dan 45+1'. Skor akhir Timnas Prancis menang 3-0 atas Brasil di Stade de France yang dihadiri 80.000 penonton.

Bila ingin dilengkapi, Zidane juga membawa Prancis menjadi juara Piala Eropa pada 2000. Namun, Zinedine Zidane tidak mencetak gol pada partai puncak menghadapi Italia saat itu. Ia bermain penuh selama 103 menit, di mana Les Bleus menang 2-1 berkat golden goal torehan David Trezeguet ke gawang Francesco Toldo.

Lalu, bagaimana dengan penghargaan individual seperti Ballon d'Or? Jawabannya sudah pasti ada. Zidane meraih trofi Ballon d'Or pada 1998, dengan mengalahkan dua pesaingnya, Davor Suker dan Ronaldo Lima. Belum cukup sampai di situ. Zidane juga meraih penghargaan pemain terbaik dunia FIFA tiga kali yaitu pada 1998, 2000, dan 2003.

Tidak berhenti hanya sebagai pemain, saat menjadi pelatih, Zidane juga pernah meraih trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Ia bahkan mendapatkannya sampai tiga kali berturut-turut, yaitu pada musim 2015-2016, 2016-2017, dan 2017-2018. Penghargaan individu yang diraihnya yaitu pelatih terbaik putra FIFA pada 2017.

Zinedine Zidane bisa dikatakan lengkap dalam urusan meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia, dan Ballon d'Or. Siapa legenda sepak bola dunia yang bisa menyamai torehan Zizou tersebut? Jawabannya bisa kalian dapatkan dalam video di atas.

Video Populer

Foto Populer