Sukses


7 Rekrutan Terbaik Pep Guardiola Sejak di Barcelona hingga Manchester City

Bola.com, Jakarta Pep Guardiola mengukir kesuksesan menakjubkan sejak meniti karier sebagai pelatih pada 2007. Gelar demi gelar berhasil direbutnya. 

Pep Guardiola menaklukkan Spanyol bersama Barcelona, menguasai Jerman bersama Bayern Munchen. Kini, dia masih menjadikan Manchester City sebagai klub yang berbahaya di Inggris. 

Kesuksesan pria Spanyol tersebut tak lepas dari caranya mengatur tim, baik secara taktik maupun psikologis. Guardiola identik dengan gaya Tiki-taka. 

Selain dua faktor tadi, Pep Guardiola juga cukup piawai dan brilian di bursa transfer. Itu juga menjadi satu di antara kunci kesuksesan Guardiola. 

Tentu saja, seperti tiap pelatih lainnya Pep Guardiola juga pernah membuat rekrutan yang buruk dan layak dilupakan. Tapi, dia juga melakukan rekrutan-rekrutan brilian, berikut ini tujuh di antaranya, seperti dilansir Give Me Sport, Jumat (22/5/2020).  

 

2 dari 8 halaman

7. Thiago Alcantara

Transfer: Barcelona ke Bayern Munich | 2013 | 22,5 juta pounds

Barcelona mengalami dua pukulan besar pada musim panas 2013. Bukan hanya kehilangan Guardiola ke Bayern Munchen, tapi Thiago juga mengikutinya ke Jerman. 

Thiago menjadi pemain kunci bagi Guardiola dan kini menjadi satu di antara gelandang terbaik di dunia. Total dia bermain dalam 228 pertandingan dan mencetak 31 gol untuk Bayern, Dia juga membantu Bayern merengkuh 13 titel utama.  

 

3 dari 8 halaman

6. Javier Mascherano

Transfer: Liverpool ke Barcelona | 2010 | 18 juta pounds 

Mascherano merupakan pemain penting di Barcelona. Awalnya dia direkrut sebagai gelandang bertahan. Pemain Argentina itu kemudian dengan cepat bertransisi menjadi bek tengah. 

Dia delapan musim membela Barcelona dan memainkan 334 laga. 

 

4 dari 8 halaman

5. Joshua Kimmich

Transfer: Stuttgart ke Bayern Munchen| 2015 | 7,65 juta pounds

Banyak pihak menyebut Bayern Munchen melakukan manuver berisiko ketika mendatangkan Kimmich pada 2015. Saat itu dia bermain untuk Stuttgart yang berlaga di Divisi II. 

Namun, harga sang pemain murah. Guardiola membuktikan langkahnya tidak salah. Kimmich tampil 208 kali untuk Bayern Munchen dan menjadi satu di antara bek kanan yang mumpuni di dunia. 

 

 

5 dari 8 halaman

4. Ederson

Transfer: Benfica ke Manchester City | 2017 | 36 juta pounds

Guardiola menghadapi masalah di pos penjaga gawang saat mengawali kariernya di Manchester City. Dia kurang puas dengan performa Joe Hart, jadi menggantikannya dengan Claudio Bravo. 

Tapi, Bravo juga tak bertaji, kemudian Guardiola berpaling ke Willy Caballero.

Guardiola juga tidak yakin dengan Caballero, kemudian merekrut Ederson. Kiper asal Brasil itu dengan cepat unjuk gigi dan menunjukkan kualitasnya. 

Dia menjadi kiper utama Manchester City selama bertahun-tahun. 

 

6 dari 8 halaman

3. Dani Alves

Transfer: Sevilla ke Barcelona | 2008 | 31,95 juta pounds 

Membelanjakan 32 juta pounds untuk seorang bek adalah angka yang cukup masuk akal pada 2008. Dani Alves membuktikan mampu menjawab banderol yang melekat pada dirinya. 

Alves menjelma menjadi satu di antara bek kanan terbaik di dunia selama di Barcelona. Dia mencetak 21 gol dalam 391 laga selama delapan musim yang bergelimang gelar. 

 

7 dari 8 halaman

2. Gerard Pique

Transfer: Manchester United ke Barcelona | 2008 | 4,5 juta pounds 

Setelah gagal beradaptasi dengan tuntutan permainan fisik di Inggris, Guardiola membawa Pique kembali ke Spanyol. Tranfer tersebut terbukti sebagai manuver brilian. 

Pique dengan cepat menjelma menjadi bek tangguh di Barcelona saat berpasangan dengan Carles Puyol. Selama 12 tahun, Pique membukukan 531 laga untuk El Barca dan mencetak 47 gol. Dia masih menjadi satu di antara bek tangguh yang kemampuannya tak diragukan lagi. 

 

8 dari 8 halaman

1. Robert Lewandowski

Transfer: Dortmund ke Bayern Munich | 2014 | Bebas Transfer 

Merekrut Pique seharga 4,5 juta pounds manuver bagus. Tapi, membeli salah satu striker terbaik dunia dengan bebas transfer dari rival terberat adalah langkah menakjubkan. 

Gol-gol Lewandowski memastikan Bayern memenangi Bundesliga selama tiga musim kiprah Guardiola di Bayern Munchen. Total, dia mencetak 231 gol dalam 276 laga untuk Bayern.  

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer