Sukses


FIFA Puji Aksi Solidaritas Pemain Bundesliga Terhadap George Floyd

Bola.com, Jakarta - FIFA melunak terkait aksi solidaritas yang dilakukan banyak pemain Bundesliga terkait kematian yang menimpa George Floyd. Bukannya mendapat hukuman, aksi mereka justru dipuji.

Perhatian publik sedang tertuju ke Amerika Serikat setelah salah satu warganya, George Floyd, merenggang nyawa di tangan oknum polisi Minneapolis. Gelombang protes pun sedang disuarakan di Amerika Serikat sampai sekarang.

Aksi dukungan terhadap demonstran juga bertebaran di berbagai media. Salah satu contohnya adalah penyerang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, yang mengumbar pesan 'Keadilan untuk George Floyd saat merayakan gol.

Gestur yang sama juga dilakukan oleh rekan setim Sancho, Achraf Hakimi. Sementara itu, Marcus Thuram yang sedang memperkuat Borussia Monchengladbach menunjukkan aksi berlutut sebagai simbol kematian George Floyd.

Sancho menyampaikan pesannya dengan membuka jersey Dortmund yang ia kenakan. Hasilnya, pemain asal Inggris itu pun diganjar kartu kuning oleh wasit. Sementara Hakimi dan Thuram tidak mendapatkan hukuman apapun.

Federasi sepak bola Jerman (DFB) masih menimbang apakah sikap tersebut pantas diganjar dengan hukuman atau tidak. Namun kalau kata Infantino, gestur dukungan yang dilakukan Sancho dkk justru patut diberi pujian.

"Untuk menghindari keraguan, dalam kompetisi FIFA, demonstrasi pemain baru-baru ini di laga Bundesliga pantas mendapatkan tepuk tangan dan bukan hukuman," ujarnya, seperti yang dikutip dari Goal International.

"Kami semua harus menolak rasisme dan segala macam bentuk dari diskriminasi. Kami semua harus menyatakan penolakan terhadap kekerasan dalam bentuk apapun," lanjutnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Mengutuk Diskriminasi dan Rasialisme

Lewat keterangan resminya, FIFA juga menegaskan bahwa mereka menolak diskriminasi dan rasiliasme dalam bentuk apapun.

"FIFA memahami adanya sentimen dari sejumlah pelaku sepak bola karena kasus yang menimpa George Floyd. Hal ini sudah kami ulangi beberapa kali, bahwa kami menolak rasialisme dan diskriminasi," tulisnya.

"FIFA juga juga telah menyerukan banyak sekali kampanye anti-rasialisme baik di dalam mau pun luar lapangan," bunyi keterangan itu lagi.

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 3/6/2020)

Video Populer

Foto Populer