Sukses


5 Wonderkid Berbanderol Selangit yang Menegaskan Program Pembinaan Pemain Muda Borussia Dortmund Top Markotop

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund bisa dibilang klub terdepan dalam urusan program pemain muda. Tak sedikit pemain muda mentah menjelma mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Hal tersebut membuktikan jika program pemain muda Borussia Dortmund merupakan satu di antara yang terbaik di dunia.

Alhasil, banyak pemain muda Die Borussien yang dilirik klub besar di Eropa. Bahkan, beberapa klub rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyong pemain muda dari Borussia Dortmund.

Dortmund juga mempunyai akademi pemain yang cukup bagus. Tak sedikit pemain hasil gemblengan akademi Borussia Dortmund yang menjadi tulang punggung tim yang dibelanya.

Para pemain belia memang tak semua murni cetakan akademi. Mereka didatangkan dari klub lain, untuk kemudian dimatangkan di tim junior Borussia Dortmund. Pada waktunya para wonderkid siap dipamen.

Melihat fakta tersebut, wajar tentunya jika Dortmund kerap mempunyai pemain muda bertelenta. Siapa saja pemain tersebut?

Berikut Bola.com merangkum dari Sportskeeda, lima pesepak bola yang membuktikan program pemain muda Borussia Dortmund merupakan satu di antara yang terbaik di dunia.

2 dari 7 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele sejatinya bukan produk akademi Borussia Dortmund. Namun, saat ia berusia 19 tahun Die Borussien mendatangkannya dari klub Prancis, Stade Reinnes, dan menjadikan Dembele pemain yang mumpuni.

Kondisi tersebut langsung membuat raksasa La Liga, Barcelona, kepincut dan rela menggelontorkan 125 juta euro untuk memboyong Dembele pada 2017.

3 dari 7 halaman

Christian Pulisic

Christian Pulisic merupakan pemain lulusan akademi Borussia Dortmund. Saat memperkuat skuad utama Dortmund pada periode 2016-2019, Pulisic mampu mengemas 19 gol dan 26 assist dalam 90 penampilan.

Setelah itu Pulisic hengkang ke klub Premier League, Chelsea. Untuk memboyong pemain kelahiran Ameriak Serikat itu, the Blues harus mengeluarkan dana sebesar 64 juta euro.

4 dari 7 halaman

Jadon Sancho

Seperti halnya Ousmane Dembele, Jadon Sancho bukan pemain asli jebolan akademi Borussia Dortmund. Die Borussien mendatangkan Sancho dari klub Premier League, Manchester City, dengan harga 7,84 juta euro.

Meski banderolnya cukup murah, Sancho justru memberikan dampak signifikan terhadap performa Borussia Dortmund. Dari 69 laga bersama Dortmund sejak 2017, Sancho mempu membukukan 27 gol dan 37 assist.

Kini, pemain berusia 20 tahun itu menjadi satu di antara properti panas di pasar transfer pemain. Nilai jual Sancho yang diincar Manchester United itu diperkirakan senilai 117 juta Euro.

5 dari 7 halaman

Erling Haaland

Erling Haaland juga menjadi satu di antara properti panas di bursa transfer seperti Jadon Sancho. Saat ini sang pemain sudah mengungkapkan tak ingin dijual dalam waktu dekat.

Haaland baru didatangkan Dortmund pada bursa transfer Januari lalu dari RB Salzburg dengan harga 20 juta euro. Saat ini, nilai pasar pemain berusia 19 tahun yang juga diincar Manchester United ini, sudah naik hingga 72 juta euro.

6 dari 7 halaman

Julian Brandt

Meski baru bergabung pada awal musim ini, Julian Brandt dianggap pantas masuk daftar dengan keempat pemain di atas. Pemain yang diboyong dari Bayer Leverkusen dengan banderol 25 juta euro itu sudah mengemas tujuh gol dan delapan assist dari 33 pertandingan di berbagai kompetisi.

Brandt memang tak masuk daftar transfer klub. Namun, jika Dortmund melepasnya, Brandt memiliki harga senilai 40 juta euro. Hal itu berarti Borussia Dortmund bisa mendapatkan keuntungan 15 juta euro dari penjualan pemain berusia 23 tahun itu.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio

Video Populer

Foto Populer