Sukses


Kumpulan Data dan Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions: PSG Vs Bayern Munchen

Bola.com, Lisbon - Paris Saint-Germain dan Bayern Munchen akan saling berhadapan pada laga final Liga Champions di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (24/8/2020) dini hari WIB. Andai berhasil juara, PSG ataupun Bayern akan melengkapi raihan trofi pada musim ini.

Les Parisens lolos ke partai puncak Liga Champions setelah mengandaskan perlawanan RB Leipzig dengan skor 3-0 pada 19 Agustus lalu. Ketiga gol Paris Saint-Germain disarangkan Marquinhos pada menit ke-13, Angel Di Maria menit ke-42, dan Juan Bernat menit ke-56.

Di sisi lain, Bayern Munchen melenggang ke final setelah meraih kemenangan 3-0 atas Olympique Lyon, Kamis (20/8/2020) dini hari WIB. Trigol Die Bayern dicetak Serge Gnabry pada menit ke-18 dan 33', serta Robert Lewandowski menit ke-88.

Kini, kedua tim akan saling berhadapan pada laga final dan sama-sama mengincar gelar juara Liga Champions. Meraih trofi Si Kuping Besar akan melengkapi koleksi titel juara PSG ataupun Bayern Munchen pada musim 2019/2020.

Paris Saint-Germain akan mengukir quadruple jika keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. Sebelumnya, mereka berhasil merengkuh titel Ligue 1, Coupe de France, Coupe de la Ligue.

Sementara itu, Bayern Munchen akan menorehkan treble winner andai mampu menjuarai Liga Champions. Saat ini, Die Roten telah mengoleksi gelar Bundesliga dan DFB Pokal.

Berikut ini adalah data dan fakta menarik jelang duel Paris Saint-Germain versus Bayern Munchen, pada final Liga Champions musim ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

1. Bayern Munchen dan PSG telah delapan kali saling berhadapan di Liga Champions, dan semuanya terjadi pada fase grup. Dari delapan laga itu, Les Parisiens meraih lima kemenangan dan Bayern menang dalam tiga pertandingan.

2. Bagi Paris Saint-Germain, ini adalah untuk pertama kalinya berlaga pada final Piala/Liga Champions. Mereka pun menjadi klub ke-41 yang lolos ke final turnamen ini. Enam klub terakhir yang untuk pertama kalinya berlaga di final Piala/Liga Champions selalu menelan kekalahan.

3. Bayern Munchen untuk ke-11 kalinya lolos ke final Piala/Liga Champions. Mereka hanya kalah dari Real Madrid yang berstatus klub paling sering berlaga di final (16 kali).

4. Saat ini, Bayern Munchen telah mengoleksi enam trofi juara Liga Champions, tertinggal dari Real Madrid (13 gelar), AC Milan (7 gelar), dan Liverpool (6 gelar).

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta:

5. PSG telah tiga kali berlaga pada final turnamen Eropa. Sebelumnya, mereka tampil pada partai puncak Piala Winners musim 1995/1996 dan 1996/1997.

6. Bayern Munchen mencetak 42 gol dari 10 pertandingan di Liga Champions musim ini. Bayern hanya kalah dari Barcelona yang mencetak lebih banyak gol (45) pada musim 1999/2000. Namun pada saat itu, Barca menjalani 16 pertandingan.

7. PSG adalah klub kelima asal Prancis yang menembus final Piala/Liga Champions, dan yang pertama sejak AS Monaco pada 2004. Dari empat klub sebelumnya, hanya Marseille yang berhasil merengkuh trofi juara (menang 1-0 atas AC Milan pada final 1993).

8. Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, adalah orang keenam yang pernah bermain serta melatih klub yang sama di final Piala/Liga Champions. Sebelumnya ada Miguel Munoz (Real Madrid), Vicente del Bosque (Real Madrid), Carlo Ancelotti (AC Milan), Pep Guardiola (Barcelona), dan Zinedine Zidane (Real Madrid).

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer