Sukses


4 Profesi yang Cocok Buat Cristiano Ronaldo Setelah Pensiun: Pebisnis, Mahasiswa, atau Aktor?

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo berniat bermain sepak bola sepanjang tubuhnya masih mendukung, dan itu berarti masih tiga atau empat tahun lagi. Dia sudah 35 tahun, tapi usia tak pernah jadi masalah untuk Ronaldo.

“Saat saya bersiap untuk musim ketiga saya sebagai Bianconero, semangat dan ambisi saya setinggi sebelumnya,” tulis Ronaldo di Instagram. “Tujuan. Kemenangan. Komitmen. Dedikasi. Profesionalisme."

“Dengan semua kekuatan dan dengan bantuan berharga dari rekan satu tim, semua staf Juventus, kami bekerja sekali lagi untuk menaklukkan Italia, Eropa, dan Dunia!" tulis Cristiano Ronaldo.

Kerja keras Ronaldo dalam latihan fisik selama bertahun-tahun akhirnya menguntungkannya sekarang. Superstar Juventus ini punya kondisi tubuh luar biasa, jauh lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Meski begitu, waktu terus berjalan, pada akhirnya Ronaldo akan gantung sepatu. Karier pesepak bola pendek, dan sebagian besar sudah menyadari bahwa mereka harus menyiapkan sesuatu sebelum pensiun.

Cristiano Ronaldo pun demikian. Kini mendekati ujung kariernya, apa saja yang mungkin dilakukan Ronaldo setelah gantung sepatu nanti? Berikut tim Bola.net merangkum dari Goal International.

Video

2 dari 5 halaman

Jadi Aktor?

Tampan, badan bagus, dan karismatik. Cristiano Ronaldo punya segalanya untuk jadi aktor, tentu dengan syarat harus belajar bermain peran terlebih dahulu.

Pada Desember 2019 lalu, Ronaldo pernah berkata bahwa salah satu ambisinya adalah menantang diri di dunia akting. Dia ingin bermain dalam filmnya sendiri.

"Saya harap bisa hidup lebih dari 50 tahun untuk terus mempelajari hal-hal baru dan menghadapi tantangan berbeda, serta mencoba menemukan solusi untuk itu," ujar Ronaldo.

"Salah satu tantangan yang ingin saya coba adalah, sebagai contoh, berakting dalam sebuah film."

3 dari 5 halaman

Mungkinkah Jadi Pelatih?

Meneruskan karier sebagai pelatih adalah salah satu jalan paling lumrah yang ditempuh mantan pesepak bola, dan Ronaldo pun mungkin melakukannya.

Dia pernah menunjukkan kemampuan melatihnya ketika mendampingi pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, di final Euro 2016. Saat itu Ronaldo terpaksa ditarik keluar karena cedera dan dia terus meneriaki rekan-rekannya dari samping lapangan.

Meski begitu, pada tahun 2019 lalu, Ronaldo pernah mengaku belum terpikir untuk jadi pelatih. "Saat ini, saya belum tertarik jadi pelatih, tapi mungkin suatu hari nanti saya merasa bosan dan ingin mencobanya," kata Ronaldo.

"Jika saya jadi pelatih, saya akan lebih seperti motivator. Pelatih harus menyalurkan hasrat dan bakatnya pada tim."

4 dari 5 halaman

Jadi Mahasiswa?

Ronaldo pernah berkata bahwa dia ingin melanjutkan studinya, tantangan lainnya. Meski begitu, tidak benar-benar jelas apakah yang dimaksud Ronaldo adalah studi ke bangku kuliah.

"Saya selalu merekomendasikan untuk mempelajari semua hal baru. Itulah yang selalu jadi hasrat saya," ucap Ronaldo.

"Saya selalu ingin mengedukasi diri sendiri, sebab studi saya cenderung menjawab banyak pertanyaan dalam benak saya."

"Kita harus belajar dari mereka yang terbaik, dan itu penting untuk membantu saya mencapai apa yang sudah saya raih sekarang," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Fokus Bisnis

Jauh sebelum masa pensiun mendekat, Ronaldo sudah bersiap dengan membuka sejumlah bisnis di luar sepak bola. Jelas bisnis ini sudah cukup menyibukkan Ronaldo nanti.

Dia punya hotel di Portugal, punya merk busana, bisnis gaya hidup, bahkan bisnis kebugaran dengan sejumlah gym. Selain itu, Ronaldo masih punya kemampuan membeli klub sepak bola.

Ronaldo bisa sedikit belajar dari gaya hidup David Beckham sekarang. Beckham sangat sibuk di luar sepak bola, dan dia baru saja membeli klub baru di MLS, Inter Miami.

Bukan tidak mungkin Ronaldo akan mengembangkan sayap bisnisnya ke arah kepemilikan klub.

 

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 27/8/2020)

Video Populer

Foto Populer