Sukses


Daftar Pesepak Bola dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia: Lionel Messi Ungguli Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, menempati posisi teratas pesepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia. La Pulga mampu mengungguli striker Juventus, Cristiano Ronaldo.

Data tersebut dirilis oleh majalah bisnis dan finansial yang berbasis di Amerika Serikat, Forbes. Lionel Messi disebutkan memiliki total kekayaan yang mencapai hingga 126 juta dolar AS (Rp 1,8 trliun).

Akan tetapi, jumlah kekayaan Messi mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Kapten Timnas Argentina itu dikabarkan Forbes memiliki total kekayaan hingga 127 juta dolar AS pada 2019.

Forbes menyusun daftar pesepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia setelah berbicara dengan klub, agen pemain, sponsor komersial, serta pakar sepak bola di Amerika Serikat dan Eropa.

Angka-angkanya kemudian dikonversi ke dolar AS, dan itu sudah termasuk gaji pemain untuk musim 2020/2021, juga semua bonus dan bentuk endorsement. Selain itu, angka tersebut didapatkan sebelum dipotong pajang.

Berikut ini adalah daftar pesepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia:

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 11 halaman

1. Lionel Messi - Barcelona ($126 juta)

Gaji: $92 juta

Endorsement: $34 juta

Penghasilan total: $126 juta

Bintang Argentina itu adalah satu di antara pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Selama bertahun-tahun, dia sudah sangat identik dengan Barcelona.

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan keinginan Lionel Messi untuk hengkang dari Barca. Namun, Messi akhirnya memutuskan bertahan dan menghormati kontraknya bersama Los Cules yang berakhir pada 30 Juni 2021.

Bertahan di Barcelona, yang kemungkinan besar bakal menjadi musim terakhirnya di Camp Nou, Messi mendapatkan gaji 92 juta dolar AS.

3 dari 11 halaman

2. Cristiano Ronaldo - Juventus ($117 juta)

Gaji: $70 juta

Endorsement: $47 juta

Penghasilan total: $117 juta

Bintang Portugal itu adalah atlet paling populer di dunia, dengan jumlah pengikut yang mencapai 457 juta di media sosial. Dia juga menjadi 'wajah' sejumlah brand ternama dunia, baik yang ada hubungannya dengan sepak bola maupun tidak.

Gajinya semusim di Juventus senilai 70 juta dolar AS. Dia sudah memberi Juventus dua Scudetto Serie A. Baru-baru ini, bersama Portugal, dia menjadi orang kedua dalam sejarah yang telah mencetak minimal 100 gol internasional.

4 dari 11 halaman

3. Neymar - PSG ($96 juta)

Gaji: $78 juta

Endorsement: $18 juta

Penghasilan total: $96 juta

Penyerang berusia 28 tahun itu adalah pesepak bola yang bertalenta. Namun, dia juga cukup identik dengan kontroversi, baik di dalam maupun luar lapangan.

Neymar memperkuat PSG sejak pindah dari Barcelona dengan nilai transfer 263 juta dolar AS pada 2017. Neymar baru-baru ini berpisah dengan Nike. Dia kemudian mengikat kontrak jangka panjang dengan PUMA.

5 dari 11 halaman

4. Kylian Mbappe - PSG ($42 juta)

Gaji: $28 juta

Endorsement: $14 juta

Penghasilan total: $42 juta

PSG memang memiliki sederet bintang. Selain Neymar, ada pula Kylian Mbappe yang sudah dua musim beruntun meraih gelar top skorer Ligue 1 ini. Mbappe masih berusia 21 tahun, tetapi tahun ini penghasilannya mencapai angka 42 juta dolar AS.

6 dari 11 halaman

5. Mohamed Salah - Liverpool ($37 juta)

Gaji: $24 juta

Endorsement: $13 juta

Penghasilan total: $37 juta

Penyerang berusia 28 tahun itu mencatatkan 20 gol atau lebih selama tiga musim terakhir. Musim lalu, dia bahkan turut berjasa membantu Liverpool meraih titel Premier League yang perdana.

7 dari 11 halaman

6. Paul Pogba - Manchester United ($34 juta)

Gaji: $28 juta

Endorsement: $6 juta

Penghasilan total: $34 juta

Kembali ke Manchester United pada 2016, setelah empat musim membela Juventus, Pogba menjadi salah satu pemain berpenghasilan tertinggi di dunia. Namun, gelandang berusia 27 tahun itu belum mampu mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya.

Musim lalu, Pogba 'menghilang' akibat cedera. Kontraknya di Tim Setan Merah hanya tersisa satu tahun, dan belum pasti apakah akan diperpanjang atau tidak.

8 dari 11 halaman

7. Antoine Griezmann - Barcelona ($33 juta)

Gaji: $28 juta

Endorsement: $5 juta

Penghasilan total: $33 juta

Ya, lagi-lagi pemain Prancis. Setelah Mbappe dan Pogba, Griezmann juga masuk dalam daftar. Penyerang berusia 29 tahun itu direkrut Barcelona dari Atletico pada 2019. Musim perdananya di Camp Nou bisa dibilang cukup mengecewakan.

9 dari 11 halaman

8. Gareth Bale - Real Madrid ($29 juta)

Gaji: $23 juta

Endorsement: $6 juta

Penghasilan total: $29 juta

Saat ini, statusnya adalah penghangat bangku cadangan termahal di dunia. Wajar jika Real Madrid ingin segera 'membuang' winger berusia 31 tahun itu.

10 dari 11 halaman

9. Robert Lewandowski - Bayern Munchen ($28 juta)

Gaji: $24 juta

Endorsement: $4 juta

Penghasilan total: $28 juta

Musim 2019/2020 adalah musim paling cemerlang dalam karier Lewandowski. Striker berusia 32 tahun itu mengantarkan Bayern Munchen meraih treble winner pada musim lalu, yakni Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Hebatnya lagi, Lewandowski juga menjadi top skorer di tiga kompetisi tersebut. Satu hal yang bisa membuat orang geleng-geleng kepala adalah fakta bahwa penghasilannya masih berada di bawah Bale.

11 dari 11 halaman

10. David De Gea - Manchester United ($ 27 juta)

Gaji: $24 juta

Endorsement: $3 juta

Penghasilan total: $27 juta

Nama terakhir adalah De Gea. Pemain berusia 29 tahun itu merupakan satu-satunya kiper dan satu-satunya pemain Spanyol dalam daftar. Di Manchester United, dia menjadi kiper dengan gaji termahal sedunia. Dia saat ini terikat kontrak hingga Juni 2023.

Sumber: Forbes

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Gia Yuda Pradana/Published: 15/09/2020)

Video Populer

Foto Populer