Sukses


4 Perubahan Taktik Andrea Pirlo saat Juventus Imbangi AS Roma di Liga Italia

Bola.com, Jakarta - Andrea Pirlo membuat beberapa perubahan pada laga Juventus melawan AS Roma. Satu yang paling menonjol adalah perubahan formasi dasar dari 3-5-2 menjadi 4-4-2.

Juventus tertahan imbang 2-2 dalam kunjungan ke Stadion Olimpico, kandang AS Roma, pada duel pekan kedua Serie A 2020/21, Senin (28/9/2020) dini hari WIB.

Roma dua kali unggul lewat sepasang gol Jordan Veretout, dan Juve dua kali menyamakan kedudukan melalui dua gol Cristiano Ronaldo.

Hasil imbang ini membuat Juve tertahan di peringkat ke-4 klasemen sementara dengan 4 poin dari dua pertandingan, sedangkan Roma berkutat di peringkat ke-13 dengan 1 poin saja.

Simak ulasan terkait perubahan yang ditampilkan Andrea Pirlo pada laga Juventus melawan AS Roma.

2 dari 6 halaman

Perubahan Formasi

Andrea Pirlo memilih formasi 3-5-2 pada laga melawan Sampdoria. Sedangkan, pada laga melawan AS Roma, pelatih 41 tahun memakai formasi dasar 4-4-2.

Pada laga melawan Sampdoria, Andrea Pirlo sebenarnya tidak selalu memakai formasi 3-5-2. Ketika Juventus berada dalam tekanan, formasi Juventus akan bertransformasi menjadi 4-4-2 dengan Gianluca Frabotta yang menjadi bek kiri.

“Kami menghadapi dua tim yang sama sekali berbeda musim ini, jadi saya tahu pendekatan kami akan sangat berbeda dengan yang melawan Sampdoria,” kata Pirlo kepada Sky Sport.

3 dari 6 halaman

Juan Cuadrado jadi Bek Kiri

Semua tahu bahwa Juan Cuadrado bisa bermain di banyak posisi. Akan tetapi, Andrea Pirlo memberikan peran yang aneh kepada pemain asal Kolombia pada laga melawan AS Roma.

Pirlo memainkan Juan Cuadrado sebagai bek kiri. Padahal, selama ini mantan pemain Fiorentina itu lebih fasih bermain di sisi kanan pertahanan maupun serangan.

Sebenarnya, Pirlo masih punya satu opsi di posisi bek kini yakni Gianluca Fabrotta. Namun, pelatih 41 tahun nampaknya belum sepenuhnya percaya pada pemain jebolan Juventus U-23 itu. Pirlo memainkan Juan Cuadrado sebagai bek kiri dan Fabrotta duduk di bangku cadangan.

4 dari 6 halaman

Peran Dejan Kulusevski

Dejan Kulusevski tampil bagus di laga melawan Sampdoria. Pemain yang pernah membela Parma itu mencetak satu gol. Selain itu, dia juga bermain cukup padu dengan Cristiano Ronaldo di lini depan.

Namun, di laga melawan AS Roma, Andrea Pirlo mengubah peran Dejan Kulusevski. Alih-alih bermain di posisi penyerang atau winger, Dejan Kulusevski justru dimainkan sebagai pemain sayap kanan.

Ketika bermain di Parma, pemain 20 tahun memang punya pergerakan yang apik di sisi kanan. Dia biasa bermain dalam formasi 4-3-3 dan mengisi posisi penyerang kanan. Kali ini, Dejan Kulusevski bermain sebagai sayap kanan.

5 dari 6 halaman

Mainkan Alvaro Morata

Alvaro Morata belum satu pekan bergabung dengan Juventus. Bahkan, dia belum memulai sesi latihan dengan intensitas yang benar-benar sama dengan pemain lain. Namun, Pirlo langsung memainkan Morata.

Penyerang asal Spanyol akhirnya memang tidak tampil maksimal. Morata kemudian diganti pada menit ke-58 oleh Douglas Costa. Morata gagal mencetak gol, bahkan tidak mampu melepaskan satu pun tembakan ke gawang Roma.

"Alvaro Morata baru tiba dua hari lalu, Arthur tidak bermain selama enam bulan dan harus beradaptasi dengan sepak bola Italia," kata Andrea Pirlo.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 28/9/2020)

6 dari 6 halaman

Video

Pesepakbola dengan gol Tendangan Bebas Terbanyak

Video Populer

Foto Populer