Sukses


Perjalanan 4 Klub yang Lolos Lebih Awal ke 16 Besar Liga Champions 2020/2021: Dominan di Fase Grup

Bola.com, Jakarta - Liga Champions baru memasuki matchday keempat fase grup pada pekan ini. Namum, empat tim sudah memastikan diri meraih tiket 16 besar. Masing-masing dua peserta dari Grup E dan Grup G, sudah memastikan diri sebagai tim yang melangkah ke fase knockout.

Rabu (15/11/2020) dini hari WIB, 16 tim dari Grup E hingga Grup H telah memainkan matchday keempat mereka di Liga Champions musim ini. Menarik karena tak satu pun hasil imbang tercipta dalam hari pertama pelaksanaan matchday keempat Liga Champions itu.

Sevilla, Chelsea, dan Barcelona berhasil merebut tiga poin penuh dalam laga tandang mereka. Sevilla dan Chelsea sama-sama meraih kemenangan 2-1 atas lawannya masing-masing, Krasnodar dan Rennes.

Sementara itu, Barcelona yang tidak diperkuat sejumlah pemain utama, seperti Lionel Messi, mampu meraih kemenangan besar di kandang lawan. Bertandang ke Ukraina, Barcelona menang telak 4-0 atas Dynamo Kiev.

Sementara itu, lima tim lain meraih kemenangan di laga kandang. Lazio menang 3-1 atas Zenit, Borussia Dortmund menang 3-0 atas Club Brugge, Juventus menang 2-1 atas Ferencvaros, Paris Saint-Germain menang 1-0 atas RB Leipzig, sementara Manchester United menang 4-1 atas Istanbul Basaksehir.

Dari delapan pertandingan tersebut, empat tim akhirnya memastikan diri mendapatkan tiket 16 besar Liga Champions. Keempat tim itu datang dari Grup E dan G. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Chelsea dan Sevilla, Kini Bersaing untuk Menentukan Juara Grup

Dua tim dari Grup E yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Liga Champions adalah Chelsea dan Sevilla. Kedua tim sama-sama mengoleksi 10 poin dari empat laga yang sudah mereka mainkan.

Kedua tim sama-sama meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang untuk berada di dua posisi teratas dalam Grup E. Hanya selisi dan produktivitas gol yang membedakan keduanya.

Chelsea berada di puncak klasemen Grup E karena sejauh ini sudah mencetak sembilan gol dan hanya satu kali kebobolan. Sementara itu, Sevilla mencetak enam gol dan sudah tiga kali kebobolan.

Chelsea dan Sevilla merupakan dua tim yang langsung bertemu pada matchday pertama Grup E Liga Champions musim ini. Kedua tim hanya meraih satu poin kala bertemu di Stamford Bridge pada 20 Oktober lalu setelah bermain imbang tanpa gol.

Setelah itu, Chelsea memang tampil lebih dominan dalam laga-laga selanjutnya. The Blues menang 4-0 di markas Krasnodar pada laga kedua, yang berlanjut dengan kemenangan 3-0 atas Rennes di Stamford Bridge.

Pemain Chelsea Olivier Giroud (ketiga kanan) merayakan bersama rekan satu timnya usai mencetak gol ke gawang Rennes pada pertandingan Grup E Liga Champions di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Selasa (24/11/2020). Chelsea mengalahkan Rennes 2-1. (AP Photo/David Vincent)

Sementara itu, Sevilla hanya meraih kemenangan tipis dalam dua laga selanjutnya, yaitu 1-0 atas Rennes dan 3-2 atas Krasnodar. Sama-sama mengoleksi tujuh poin jelang matchday keempat, kedua tim jelas hanya perlu satu langkah lagi untuk menuju 16 besar Liga Champions.

Langkah itu dijalani kedua tim dengan sangat baik. Chelsea menang 2-1 di markas Rennes. Sementara itu, Sevilla juga menang 2-1 di markas Krasnodar.

Tambahan tiga poin membuat Chelsea dan Sevilla kini mengoleksi 10 poin dari empat laga dan tak lagi terkejar dari dua klub lain, di mana Krasnodar dan Rennes sama-sama hanya mengoleksi satu poin dengan sisa dua pertandingan hingga fase grup berakhir.

Meski sudah memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions, Chelsea dan Sevilla yang memiliki jumlah poin yang sama bakal berusaha tampil maksimal demi menyelesaikan fase ini sebagai juara grup. Apalagi kedua tim akan langsung kembali bertemu pada matchday kelima yang digelar di Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, pada 2 Desember mendatang.

3 dari 4 halaman

Barcelona dan Juventus, Siapa Juara Grup G?

Sementara itu, dua tim lain yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Liga Champions datang dari Grup G, yaitu Barcelona dan Juventus. Keduanya sama-sama meraih kemenangan dalam matchday keempat mereka sehingga dua rival lainnya, Dybamo Kiev dan Ferencvaros tak lagi bisa mengejar perolehan poin keduanya.

Barcelona kini berada di puncak Grup G Liga Champions dengan 12 poin sempurna dari empat laga. Sebelum menggilas Dynamo Kiev dengan skor 4-0 di matchday keempat, Rabu (25/11/2020), Barcelona mengawali kiprah di Liga Champions musim ini dengan kemenangan besar pula, yaitu 5-1 atas Ferencvaros di Camp Nou pada 20 Oktober lalu.

Setelah itu, Barcelona juga menang 2-0 atas Juventus kala bertandang ke Turin pada matchday kedua. Dynamo Kiev pun dibungkam dengan skor tipis 1-2 saat Barcelona menjamu wakil Ukraina itu di Camp Nou.

Barcelona melangkah ke 16 besar Liga Champions dengan didampingi oleh Juventus. Selain kekalahan 0-2 yang dialami Bianconeri dari Barcelona pada matchday kedua, Juventus mampu meraih tiga kemenangan.

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Ferencvaros pada laga Liga Champions di Turin, Rabu (25/11/2020). Juventus menang dengan skor 2-1. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Dynamo Kiev menjadi korban pertama Juventus di Liga Champions musim ini. Tim asuhan Andrea Pirlo itu menang 2-0 saat Bianconeri bertandang ke Ukraina.

Setelah kalah 0-2 dari Barcelona di pertandingan selanjutnya, Juventus bangkit dan meraih kemenangan telak 4-1 di markas Ferencvaros pada matchday ketiga. Juventus memastikan tiket 16 besar Liga Champions setelah menang 2-1 atas Ferencvaros di Turin pada Rabu (25/11/2020) dini hari WIB.

Memastikan diri lolos ke 16 besar Liga Champions dengan kondisi tertinggal tiga poin dari Barcelona yang berada di puncak Grup G, bukan berarti kans Juventus untuk bisa menjadi juara grup tertutup.

Juventus masih punya kemungkinan untuk menggeser Barcelona dari posisi puncak dengan memenangi dua laga tersisa, tentunya dengan wajib menang atas Barcelona di matchday terakhir Grup G pada 8 Desember mendatang.

4 dari 4 halaman

Video

4 Pemain Yang Cocok Menggantikan Sergio Ramos Di Real Madrid

Video Populer

Foto Populer