Sukses


8 Data dan Fakta Duel Liga Champions Manchester City Vs Borussia Dortmund: The Citizen Perkasa Kontra Klub Jerman

Bola.com, Jakarta - Manchester City akan menjamu Borussia Dortmund pada leg pertama perempat final Liga Champions 2020/2021, di Stadion Ethad, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. Tim tuan rumah jauh diunggulkan pada laga ini. 

Manchester City menjelma menjadi salah satu favorit juara setelah tampil meyakinkan musim ini di level domestik dan Eropa. Mereka juga punya materi pemain yang komplet dan merata. 

Klub berjuluk The Citizen itu bercokol kukuh di klasemen sementara Liga Inggris, dengan keunggulan 14 poin atas peringkat kedua, Manchester United. Tim besutan Pep Guardiola hanya menunggu waktu untuk mengamankan trofi Premier League. 

Di sisi lain, sepak terjang Borussia Dortmund di Bundesliga malah tidak meyakinkan dan kini terseok-seok di peringkat kelima. Yang terbaru, Dortmund kalah 1-2 di kandang sendiri melawan Eintracht Frankfurt. 

Statistik juga sangat memihak pada Manchester City. Klub Manchester Biru itu sangat perkasa setiap bertemu klub-klub Jerman. Catatan mereka begitu impresif. 

Di atas kertas, Manchester City difavoritkan akan memenangi leg pertama perempat final Liga Champions 2020/2021 kontra Borussia Dortmund itu. 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Catatan Menarik

  1. Manchester City dan Borussia Dortmund baru dua kali bertemu di Liga Champions, pada fase grup musim 2012/2013.
  2. Dalam dua pertemuan kedua tim sebelumnya, laga pertama di Etihad berkesudahan 1-1 dan Dortmund menang 1-0 di Signal Iduna Park.
  3. Manchester City memenangi 10 dari 11 pertandingan Liga Champions melawan tim Jerman (1 imbang).
  4. Secara total Manchester City memenangi 12 laga melawan tim-tim Jerman. Hanya Real Madrid (26), Barcelona (20), dan Manchester United (13) yang mengemas lebih banyak kemenangan melawan tim-tim Jerman.
  5. Sejak kalah pada lag pembuka grup di matchday pertama (1-3 kontra Lazio), Borussia Dortmund tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di Liga Champions (menang 5, imbang 2). Dortmund mencatatkan total tak terkalahkan secara beruntun lebih panjang di Liga Champions antara 2012 hingga 2013, melalui 11 laga tanpa kekalahan di era Jurgen Klopp.
  6. Manchester City kalah empat kali dalam lima pertandingan perempat final Liga Champions di bawah Pep Guardola. City selalu tersingkir di fase ini dalam tiga musim terakhir.
  7. Ini menjadi perempat final pertama bagi Borussia Dortmund di Liga Champions sejak 2016/2017, sejak kalah agregat 3-6 dari Monaco.
  8. Dortmund hanya menang sekali dalam enam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions sebelumnya (imbang 2, kalah 3), menang 3-1 di kandang atas Auxerre pada 1996/1997.

Sumber: berbagai sumber, Soccerway

Video Populer

Foto Populer