Sukses


5 Faktor yang Bikin Napoli Bisa Jungkalkan Juventus: Rekor Apik dan Spirit Dobrak Kemapanan

Bola.com, Jakarta - Juventus akan menjamu Napoli pada laga Serie A yang sempat tertunda di Stadion Allianz, Rabu (7/4/2021) malam. Duel tersebut diprediksi berlangsung ketat dan sengit. 

Juventus dan Napoli seharusnya bertatap muka di Allianz Stadium pada Oktober 2020. Sayangnya, pertandingan harus ditunda lantaran Lorenzo Insigne dkk tak kunjung menunjukkan batang hidungnya di markas Bianconeri tersebut.

Napoli membatalkan kedatangannya karena adanya larangan dari otoritas kesehatan setempat. Larangan itu beredar karena Napoli baru saja bertemu dengan Genoa yang, setelah pertandingan digelar, memiliki banyak pemain positif Covid-19.

Namun, Lega Serie A tidak memedulikan itu dan menjatuhkan hukuman kepada Napoli. Juventus dinyatakan sebagai pemenang otomatis dengan skor 3-0, sementara Napoli harus menanggung pemotongan poin.

Berkat usaha yang gigih, Napoli berhasil memenangkan banding hingga hukuman dicabut dan pertandingan harus digelar kembali. Serie A menetapkan bahwa laga tunda antara Juventus melawan Napoli digelar pada 7 April 2021.

Dengan materi skuad yang ada, di atas kertas Juventus jelas lebih diunggulkan. Namun ada lima alasan mengapa tim besutan Andrea Pirlo tersebut bisa terjungkal di hadapan pasukan Il Partenopei. Informasi lengkapnya bisa dinikmati di bawah ini, ya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

1. Angin Berembus ke Gattuso

Beberapa bulan lalu, sempat beredar kabar manajemen Napoli akan mendepak Gennaro Gattuso dari kursi kepelatihan. Rumor tersebut mencuat setelah Napoli menelan serangkaian hasil buruk di pentas Serie A.

Pada akhirnya, rumor tersebut tak terwujud. Napoli memilih percaya kepada Gattuso dan hasilnya cukup apik. Sekarang Napoli berada di ambang pintu masuk empat besar Serie A.

Laga melawan Juventus akan menjadi penentuan. Jika mampu meraih kemenangan, Napoli bakal menggeser Juventus serta menduduki peringkat ke-4. Tapi kalau kalah, mereka takkan tergeser dari posisi kelima.

 

3 dari 6 halaman

2. Rekor Apik 5 Laga Terakhir

Napoli boleh berkunjung ke Allianz Stadium dengan kepala mendongak. Sebelum ini, mereka berhasil melewati lima pertandingan berturut-turut di pentas Serie A tanpa menelan kekalahan sama sekali.

Dalam perjalanannya, Il Partenopei juga mampu mengalahkan klub-klub papan atas seperti AC Milan dan AS Roma. Kerennya lagi, Napoli tidak kebobolan di kedua laga tersebut dan mencatatkan tiga gol.

Terakhir, mereka berhadapan dengan Crotone. Meski kebobolan tiga gol, Napoli mampu keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 4-3. Keempat golnya dicetak Lorenzo Insigne, Victor Osimhen, Dries Mertens dan Giovanni Di Lorenzo.

 

4 dari 6 halaman

3. Tidak Ada Sosok yang Dilabeli Bintang

Berbeda dengan Juventus yang memiliki Cristiano Ronaldo, Napoli tidak punya sosok 'bintang'. Bisa disimpulkan sederet hasil positif yang mereka raih didapatkan dari kekompakan tim dalam bekerja sama.

Skuad Napoli memiliki skuad yang merata. Kostas Manolas dan Nikola Maksimovic membantu Alex Meret yang mengawal gawang, dan diapit oleh Giovanni Di Lorenzo serta Mario Rui.

Lini tengahnya diisi oleh Fabian Ruiz dan Tiemoue Bakayoko yang siap membantu pertahanan serta menyokong Matteo Politano, Dries Mertens, Insigne dan Osimhen untuk mencetak gol. Kurang apalagi skuad ini?

 

5 dari 6 halaman

4. Ambisi Dobrak Kemapanan Juventus

Juventus mampu mendominasi Serie A dalam sembilan musim terakhir. Mereka tidak membiarkan para pesaingnya merasakan Scudetto dan kadang Juventus juga bisa menjuarai ajang-ajang domestik lainnya.

Dalam kurun waktu sembilan tahun itu juga, Napoli beberapa kali mencoba meruntuhkan dominasi Bianconeri. Dan seperti yang telah terlihat, Juventus selalu mampu menyingkirkan pesaing-pesaingnya dengan jarak poin yang cukup mencolok.

Bagi Napoli, Juventus adalah tim yang harus dikalahkan. Ambisi mereka mengalahkan Cristiano Ronaldo dkk meluap-luap. Apalagi Napoli baru saja digagalkan meraih trofi Supercoppa Italiana pada Januari lalu.

 

6 dari 6 halaman

5. Juventus Sedang Tertekan

Jika Napoli sedang menikmati embusan angin, tidak demikian dengan Juventus. Mereka tengah tertekan karena serangkaian hasil buruk yang diterima belakangan ini.

Sang pelatih, Andrea Pirlo, bahkan dikabarkan sedang berada di ambang pintu keluar. Ia dianggap bertanggung jawab atas hasil buruk yang diperoleh saat menghadapi FC Porto, Benevento, dan Torino baru-baru ini.

Karena beberapa torehan buruk di musim ini, Juventus terancam tak bisa mempertahankan gelar juara Serie A. Sekarang mereka berada di peringkat ke-4 dan tertinggal 12 angka dari pemuncak klasemen saat ini, Inter Milan.

Video Populer

Foto Populer