Sukses


Piala Eropa 2020: Belum Ada Aroma Euro 2020 di Belanda

Bola.com, Amsterdam - Perhelatan Piala Eropa 2020 akan dimulai musim panas 2021, tepatnya 11 Juni 2021. Namun hingga sekitar dua bulan sebelum digelar, belum ada tanda-tanda atau aroma perhelatan ajang sepak bola tertinggi di Eropa tersebut di Belanda yang ditunjuk jadi salah satu tuan rumah.

Pantauan di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam pada Minggu (11/4/2021), suasana stadion yang menjadi kandang klub Ajax Amsterdam itu masih sepi dari aroma Euro 2020. Hampir tidak ada aktivitas di sekitar stadion kecuali beberapa warga yang melintas berjalan kaki.

Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat stadion tertutup bagi penonton saat pertandingan, tetapi juga membuat museum dan toko souvenir klub tidak bisa diakses. Biasanya pengunjung bisa melakukan tur stadion dan juga mengakses toko merchandise klub di masa sebelum pandemi.

Selain sepi aktivitas, di Johan Cruijff ArenA juga tidak didapati umbul-umbul, iklan, atau pemberitahuan tentang Euro 2020. "Mungkin karena Liga Belanda masih berlangsung," ujar Jan, seorang warga Belanda yang ditemui di sekitar stadion.

 

Saksikan Video Berikut

2 dari 2 halaman

Tuan Rumah Grup C

Piala Eropa 2020 yang tertunda setahun akibat pandemi Covid-19, akan digelar di 12 kota dari negara-negara berbeda. Stadion Johan Cruijff ArenA akan menggelar empat pertandingan, yakni tiga di fase grup dan satu pertandingan lainnya babak perempat final.

Belanda akan menjamu tamu-tamunya yang bergabung dalam Grup C yakni Austria, Ukraina, dan Makedonia Utara. Pertandingan pertama di Johan Cruijff ArenA akan berlangsung pada 13 Juni 2021 saat Belanda menjamu Ukraina, 17 Juni 2021 menjamu Austria, dan terakhir melawan Makedonia Utara pada 21 Juni 2021.

Berdasarkan informasi yang dilansir situs resmi UEFA, Belanda sudah mengonfirmasi bahwa pertandingannya nanti akan diisi setidaknya 25 hingga 33 persen dari kapasitas stadion. Hal yang sama juga dilakukan di Bukares (Rumania) dan Kopenhagen (Denmark). "Kemungkinan akan bertambah pada akhir bulan ini, tergantung hasil program tes massal dan kondisi kesehatan umum," tulis UEFA.

Sementara Baku (Azerbaijan) dan St Petersburg (Rusia) memperbolehkan stadionnya diisi hingga 50 persen kapasitas, dengan segala persyaratannya termasuk menyerahkan hasil tes negatif Covid-19. London (Inggris) membolehkan setidaknya berisi 25 persen di fase grup dan kemungkinan akan dinaikkan untuk pertandingan di babak semifinal dan final Piala Eropa 2020.

Video Populer

Foto Populer