Sukses


5 Data dan Statistik Jelang Liga Champions Manchester City Vs PSG: Kedigdayaan Citizens!

Bola.com, Jakarta - Manchester City akan menjamu PSG pada leg ke-2 semifinal Liga Champions 2020/2021, Rabu (5/5/2021). City berada dalam posisi yang lebih menguntungkan untuk duel penentuan di Etihad Stadium ini.

City sudah memenangi leg pertama di Paris dengan skor 2-1. PSG unggul terlebih dahulu lewat gol Marquinhos menit 15, tapi pasukan Josep Guardiola bisa membalikkan keadaan lewat gol-gol Kevin De Bruyne menit 64 dan Riyad Mahrez menit 71. PSG juga kehilangan Idrissa Gueye yang dikartu merah di menit 77.

PSG tak bisa diperkuat gelandang bertahan Senegal itu pada leg kedua. Namun, yang paling mencemaskan adalah kondisi sang mesin gol Kylian Mbappe. Penyerang muda Prancis itu mengalami cedera dan diragukan bisa turun di Etihad Stadium.

Meski begitu, PSG tetap berbahaya. Tim besutan Mauricio Pochettino itu masih punya pemain-pemain seperti Neymar, Angel Di Maria, dan Mauro Icardi.

Selain itu, PSG juga selalu menang dalam tiga laga tandang terakhirnya di kompetisi. Tiga kemenangan tandang itu adalah 3-1 atas Manchester United di fase grup, serta 4-1 atas Barcelona dan 3-2 atas Bayern Munchen di fase knockout.

Intinya, City bakal harus berjuang keras jika tak ingin menyia-nyiakan keunggulan yang telah mereka dapatkan dari leg pertama.

City sendiri sedang berada dalam form yang meyakinkan. Empat kemenangan beruntun di semua kompetisi telah mereka catatkan. Akhir pekan kemarin, City mengalahkan tuan rumah Crystal Palace 2-0 lewat gol-gol Sergio Aguero dan Ferran Torres.

City berada di ambang juara Premier League. Namun, pesta juara mereka sudah tertunda. Setelah City mengalahkan Palace, mereka sejatinya tinggal menunggu hasil pertandingan Manchester United vs Liverpool. Jika United kalah, City akan juara dengan empat laga tersisa, dan itu jelas bisa menjadi suntikan moral yang luar biasa jelang duel penentuan kontra PSG. Hanya sayang, kerusuhan menyebabkan duel di Old Trafford itu harus ditunda.

Manchester City sebaiknya berharap pesta juara yang tertunda itu bukanlah sebuah pertanda buruk buat mereka.

Video

2 dari 3 halaman

Statistik Kunci

  • Manchester City tidak terkalahkan dalam empat pertemuan sebelumnya dengan PSG di pentas Eropa, memenangkan pertandingan kandang terakhir mereka melawan mereka pada April 2016 di leg kedua perempat final Liga Champions musim itu.
  • PSG hanya menghadapi AC Milan (empat kali) lebih sering tanpa kemenangan di Liga Champions daripada melawan Man City (tiga). Mereka menang tandang di Manchester United di awal musim dan merupakan tim keenam yang menghadapi kedua klub Manchester di musim yang sama di Eropa, tetapi tidak satu pun dari lima sebelumnya memenangkan kedua pertandingan tersebut.
  • Manchester City telah memenangkan enam pertandingan Liga Champions terakhir mereka dan kemenangan di sini akan membuat mereka memecahkan rekor kemenangan terlama yang pernah dijalankan oleh tim Inggris dalam sejarah Piala Eropa / Liga Champions. Tiga tim lain telah menang enam kali berturut-turut: Manchester United (1965/1966), Leeds United (1969/1970) dan Arsenal (2005).
  • Tidak termasuk pertandingan ini, dalam sejarah Piala Eropa / Liga Champions, ada 47 tim Inggris yang memenangkan leg pertama babak sistem gugur dua leg di kandang lawan, dan pada 47 kesempatan, tim Inggris itu telah memenangkan pertandingan leg pertama babak sistem gugur.
  • PSG lolos dari pertandingan sistem gugur Liga Champions terakhir mereka dengan kekalahan di leg pertama, memulihkan defisit 2-1 di leg pertama melawan Borussia Dortmund di babak 16 besar musim lalu untuk lolos 3-2 secara agregat. Namun, dalam sejarah utama Eropa mereka, tim Prancis tidak pernah maju setelah kalah pada pertandingan pertama babak sistem gugur di kandang.
3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Dias, Stones, Walker; Gundogan, Rodri, Bernardo Silva; Foden, De Bruyne, Mahrez.
  • Pelatih: Josep Guardiola.
  • PSG (4-2-3-1): Navas; Bakker, Kimpembe, Marquinhso, Florenzi; Paredes, Herrera; Neymar, Verratti, Di Maria; Icardi.
  • Pelatih: Mauricio Pochettino.

Video Populer

Foto Populer