Sukses


10 Pelatih Paling Jago Berfoya-foya Beli Pemain Sejak 2000, Jose Mourinho Juaranya

Bola.com, Jakarta - Ada pelatih yang dikenal irit dalam berbelanja pemain, tapi ada juga yang hobi berfoya-foya di bursa transfer. Salah satu pemain yang kerap disebut hobi berbelanja pemain mahal adalah Pep Guardiola, yang kini menjadi manajer Manchester City, dan Jose Mourinho

Siapakah pelatih yang paling boros belanja sejak tahun 2000? 

Selama musim panas 2021, pencina sepak bola telah melihat Paris Saint-Germain merekrut beberapa superstar seperti Lionel Messi, Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, Georgina Wijnaldum, dan Achraf Hakimi yang telah dinyatakan sebagai salah satu jendela transfer terbesar sepanjang masa.

Selama pergerakan luar biasa antarklub ini, Transfermarkt telah merilis tabel yang menunjukkan manajer yang paling banyak menghabiskan biaya transfer sejak 2000. 

Jose Mourinho, Pep Guardiola, dan Carlo Ancelotti tak mengagetkan menempati posisi tiga teratas di klasemen tersebut. 

Ketiganya terlibat dalam banyak mega transfer di klub elite Eropa termasuk Real Madrid, Barcelona, ​​​​Manchester United, AC Milan, Chelsea, dan Manchester City untuk beberapa pemain.

 

2 dari 3 halaman

Kritik untuk Mourinho dan Guardiola

Selama ini Mourinho kerap dihujani kritak miring. Dia dituding sebagai manajer yang selalu menghabiskan banyak uang untuk mendulang kesuksesan. 

Namun, beberapa penggemar secara mengomentari posisi Guardiola di klasemen. Dia telah menghabiskan banyak uang meskipun terjun ke manajemen jauh setelah Mourinho dan Ancelotti. 

"Ini bagus untuk dicatat, karier kepelatihan Pep yang sebenarnya dimulai pada 2008 dengan tim senior Barcelona, dia adalah manajer dengan pengeluaran tertinggi ke-2 sejak 2000. Ini adalah definisi sebenarnya dari ketergantungan yang berlebihan pada kecemerlangan individu," kata seorang fans, seperti dikutip Sportbible, Kamis (19/8/2021). 

Berikut ini daftar lengkap manajer terboros dalam berbelanja pemain, seperti dikutip Sportbible.  

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

1. Jose Mourinho - 104 pemain (1,7 miliar euro)

2. Pep Guardiola - 67 pemain (1,59 miliar euro)

3. Carlo Ancelotti - 88 pemain (1,37 miliar euro)

4. Manuel Pellegrini - 88 pemain (1,16 miliar euro)

5. Massimiliano Allegri - 96 pemain (1,06 miliar euro)

6. Diego Simeone - 68 pemain (985 juta euro)

7. Antonio Conte - 84 pemain (944 juta euro)

8. Arsene Wenger - 84 pemain (891 juta euro)

9. Ernesto Valverde - 53 pemaain (864 juta euro)

10. Unai Emery - 73 pemain (846 juta euro)

Sumber: Transfermarkt 

Video Populer

Foto Populer