Sukses


    Superstar: Erling Haaland, Hattrick Jadi Bukti Kontribusi Besar bagi Norwegia

    Bola.com, Oslo - Striker muda Timnas Norwegia, Erling Haaland, sukses mencetak hattrick dalam kemenangan 5-1 atas Gibraltar dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Rabu (8/9/2021) dini hari WIB. Hattrick tersebut membuat Erling Haaland menjadi pemain paling berkontribusi bagi timnya di fase kualifikasi ini.

    Sebenarnya begitu banyak pemain yang layak menjadi superstar dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa tadi malam. Ada Memphis Depay yang juga mencetak hattrick untuk Timnas Belanda dalam kemenangan 6-1 atas Turki. Kemudian ada Antoine Griezmann yang memborong dua gol Prancis saat menang 2-0 atas Finlandia.

    Ada pula Miralem Pjanic yang menyelamatkan Bosnia dari kekalahan lewat satu gol dan satu assist dalam laga kontra Kazakhstan. Namun, hattrick yang dicetak Erling Haaland membuat striker muda Norwegia ini layak menjadi superstar kali ini.

    Setelah Kristian Thorstvedt membuka keunggulan Norwegia pada menit ke-23, Erling Haaland membawa Norwegia menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 lewat dua gol yang dicetaknya pada menit ke-27 dan 39', tepat sebelum Gibraltar kemudian mencetak gol hiburan pada menit ke-43.

    Erling Haaland kemudian berhasil mencetak gol ketiganya dalam laga ini saat pertandingan akan berakhir. Sebuah sontekan di tengah ramainya situasi di depan Gibraltar melahirkan hattrick bagi striker muda yang membela Borussia Dortmund di Bundesliga itu.

    Dengan tambahan tiga gol yang tercipta pada pertandingan ini, Erling Haaland tercatat sudah mencetak lima gol di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan torehan gol kedua terbanyak di Grup G, terpaut dua gol di belakang Memphis Depay, yang pada saat yang sama juga mencetak hattrick untuk Timnas Belanda.

    Namun, bicara mengenai kontribusi bagi tim nasional di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, Erling Haaland mencatatkan persentase yang lebih baik. Total gol Norwegia hingga saat ini adalah 12 gol, dan dengan lima gol yang telah diciptakan Haaland membuatnya memiliki kontribusi mencapai 42 persen, 10 persen lebih baik dari Memphis Depay yang sebenarnya memiliki torehan gol yang lebih banyak.

    Hattrick tersebut juga membawa Erling Haaland kini menjadi pencetak gol terbanyak Norwegia di fase kualifikasi ini, mengungguli tandemnya di lini depan Norwegia, Alexander Sorloth, yang juga turut mencetak gol pada laga kontra Gibraltar.

    Dengan usia yang masih tergolong muda, yaitu 21 tahun, Erling Haaland punya potensi untuk mencatatkan rekor bersama Timnas Norwegia pada masa depan, termasuk melewati torehan gol-gol striker terkemuka mereka, seperti Ole Gunnar Solskjaer dan Tore Andre Flo, atau pemegang rekor pencetak gol sepanjang masa Norwegia, Jorgan Juve, yang memperkuat Norwegia pada era 1928 hingga 1937.

    2 dari 3 halaman

    Hattrick Kedua Bersama Timnas Norwegia

    Erling Haaland sudah dua tahun membela Timnas Norwegia. Debutnya bersama tim nasional seniornya adalah pada 5 September 2019 menghadapi Malta.

    Namun, baru satu tahun kemudian, tepatnya pada 4 September 2020, Haaland mencetak gol pertamanya untuk Timnas Norwegia saat mereka kalah 1-2 dari Austria di UEFA Nations League B.

    Namun, dalam satu tahun, atau tepatnya hingga hari ini, 8 September 2021, Haaland sudah mengemas 12 gol dalam 15 pertandingan bersama Norwegia. Tentu sebuah lonjakan torehan gol yang fantastis dari pemain yang kini baru berusia 21 tahun itu.

    Sebenarnya Haaland sudah cemerlang dan memiliki ketajaman yang luar biasa sejak memperkuat tim nasional kelompok umur Norwegia. Sebagai contoh, ia mencetak hattrick saat menghadapi Skotlandia bersama Timnas Norwegia U-19 dalam Kualifikasi Euro U-19 2018.

    Haaland bahkan pernah mencetak sembilan gol bersama Timnas Norwegia U-20 ketika menang 12-0 atas Honduras di Piala Dunia U-20 2019 yang membuat namanya mulai dikenal dan menarik perhatian Borussia Dortmund, Juventus, dan Manchester United tertarik kepadanya.

    Namun, bicara di level senior, hattrick ke gawang Gibraltar ini menjadi yang kedua dicetaknya. Hattrick pertama Haaland tercipta ketika Norwegia menang 4-0 atas Rumania di ajang UEFA Nations League pada 11 Oktober 2020.

    Bukan tidak mungkin jika terbiasa mencetak hattrick bersama Norwegia, Haaland bakal masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang dimiliki Norwegia.

    3 dari 3 halaman

    Bergelimang Prestasi Individual

    Masih berusia 21 tahun, Erling Haaland sudah bergelimang penghargaan. Ia telah dua kali mengantarkan Red Bull Salzburg menjuarai Bundesliga Austria dan mempersembahkan satu trofi Piala Austria. Sementara bersama Borussia Dortmund, ia sudah membantu klub Bundesliga Jerman itu menjuarai DFB Pokal musim lalu.

    Meski terhitung baru mencatatkan empat trofi di level klub, Erling Haaland sudah sering mendapatkan penghargaan individual. Ia merupakan pesepak bola terbaik di Liga Austria pada musim 2019/2020 dan pesepak bola terbaik di Bundesliga Jerman pada musim 2020/2021. Ia juga menjadi top scorer Piala Dunia U-20 2019.

    Masih banyak penghargaan individual lain yang juga sudah diraih oleh Erling Haaland. Dengan usia yang masih muda, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan posisi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang kerap meraih Ballon d'Or akan menjadi milik Haaland.

    Video Populer

    Foto Populer