Sukses


Romelu Lukaku dan 10 Pemain Berstatus Penjualan Termahal Serie A: Inter Milan Paling Untung?

Bola.com, Jakarta - Romelu Lukaku kini sudah meninggalkan Inter Milan dan bergabung bersama Chelsea. Bahkan tampil bersama The Blues dalam tiga laga pertama, pemain asal Belgia itu sudah langsung tampil cemerlang, seperti halnya yang diperlihatkannya bersama Nerazzurri di Liga Italia.

Hal tersebut sudah semestinya mengingat Chelsea harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk bisa merekrut Romelu Lukaku dari Inter Milan.

Biaya transfer Romelu Lukaku dari Giuseppe Meazza ke Stamford Bridge bahkan mencapai 115 juta euro. Nilai transfer tersebut bahkan menjadikan Romelu Lukaku sebagai pemain termahal yang dimiliki Chelsea.

Tidak hanya itu saja, Romelu Lukaku juga menyandang status sebagai penjualan termahal dalam sejarah Serie A. Namun, sebelum striker asal Belgia itu, ada beberapa pemain lain yang berhasil dijual klub-klub Liga Italia dengan harga selangit. Siapa saja mereka?

2 dari 12 halaman

11. Miralem Pjanic

Miralem Pjanic menjadi pemain kunci Juventus selama empat musim. Namun, pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu dilepas ke Barcelona pada 2020.

Meski sudah berusia 30 tahun, Pjanic ditebus El Barca dengan harga sebesar 60 juta euro. Mantan pemain AS Roma itu bertukar tempat dengan Arthur Melo di Camp Nou.

3 dari 12 halaman

10. Achraf Hakimi

Sebelum Romelu Lukaku, Inter Milan lebih dulu melepas Achraf Hakimi pada musim panas ini. Pemain asal Maroko tersebut dijual ke PSG dengan harga yang mancapai 60 juta euro.

Hakimi bergabung dengan Inter dari Real Madrid. Winger berusia 22 tahun itu mampu mencetak 7 gol dan 11 assist serta membantu Nerazzurri merengkuh gelar Serie A.

4 dari 12 halaman

9. Alisson Becker

Alisson Becker direkrut Liverpool dari AS Roma pada 2018. Untuk mendapatkan kiper Brasil tersebut, The Reds menebusnya dengan harga 62,5 juta euro.

Alisson menemukan kesuksesan besar setelah datang ke Anfield. Kiper berusia 28 tahun tersebut sudah memenangkan Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Premier League.

5 dari 12 halaman

8. Edinson Cavani

Edinson Cavani menunjukkan performa yang sangat mengesankan bersama Napoli. Namun, pemain asal Uruguay tersebut akhirnya dijual Napoli ke raksasa Ligue 1 PSG pada 2013.

PSG mengeluarkan dana hingga 64,5 juta euro untuk mendatangkan Cavani ke Parc des Princes. Sang striker mampu mencetak 200 gol dari 301 penampilan di semua kompetisi untuk Les Parisiens.

6 dari 12 halaman

7. Joao Cancelo

Joao Cancelo bermain untuk Juventus pada musim 2018/2019. Pemain berkebangsaan Portugal tersebut kemudian pindah ke Inggris dan memperkuat Manchester City.

Pemain berposisi bek kanan tersebut ditebus The Citizens dengan mahar 65 juta euro. Sempat kesulitan di Premier League, Cancelo kemudian menjadi pemain penting Manchester City di bawah asuhan Josep Guardiola.

7 dari 12 halaman

6. Ricardo Kaka

Kaka dijual AC Milan pada bursa transfer musim panas 2009. Real Madrid memboyong pemain Brasil tersebut ke Santiago Bernabeu dengan harga 67 juta euro.

Kaka bermain untuk Los Blancos selama empat musim. Dia mencatatkan 120 penampilan di semua kompetisi sebelum kembali ke AC Milan.

 

8 dari 12 halaman

5. Zlatan Ibrahimovic

Kualitas Zlatan Ibrahimovic tak perlu diragukan lagi. Striker asal Swedia tersebut pernah menjadi bagian dari Inter Milan selama tiga musim

Namun, Ibrahimovic dijual Inter Milan ke Barcelona pada 2009. Untuk mendapatkannya, Blaugrana harus mengeluarkan dana sebesar 69,5 juta euro.

 

9 dari 12 halaman

4. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane pernah menjadi pemain kunci Juventus selama lima tahun. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut kemudian hijrah ke Real Madrid pada masa Los Galaticos jilid satu.

Real Madrid harus mengeluarkan dana sebesar 77,5 juta euro untuk mendatangkan pemain berposisi gelandang tersebut. Zidane membela Los Blancos selama lima tahun sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu.

 

10 dari 12 halaman

3. Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain memutuskan hijrah dari Napoli ke Juventus pada musim panas 2016. Saat itu dia masih berusia 28 tahun dan Bianconeri harus mengeluarkan dana yang mencapai 90 juta euro untuk menebusnya.

Karier Higuain di Allianz Stadium bisa dibilang kurang bagus. Setelah dipinjamkan ke AC Milan dan Chelsea, Higuain kini bermain di MLS bersama Inter Miami.

 

11 dari 12 halaman

2. Paul Pogba

Juventus mendapatkan Paul Pogba secara gratis pada 2012. Empat tahun berselang, gelandang berkebangsaan Prancis tersebut dijual Juventus pada bursa transfer musim panas 2016.

Saat itu Pogba dilego ke Manchester United dengan harga mencapai 105 juta euro. Dengan harga sebesar itu, Pogba tercatat sebagai pemain termahal dunia kala itu.

 

12 dari 12 halaman

1. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku berhasil mencetak 64 gol dan 16 assist dari 95 penampilan bersama Inter Milan. Namun, Nerazzurri terpaksa menjual Lukaku pada musim panas 2021 untuk mengatasi masalah finansial.

Bomber berkebangsaan Belgia tersebut dilepas ke Chelsea dengan banderol 115 juta euro. Angka tersebut menjadikan Lukaku sebagai penjualan termahal dalam sejarah Serie A.

Sumber: transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 13/8/2021, diperbarui kembali pada 14/9/2021)

Video Populer

Foto Populer