Sukses


Calon Wakil Asia di Panggung Piala Dunia 2022: Tetangga Indonesia Bisa Lolos?

Bola.com, Jakarta - Perjalanan mencari 32 tim yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 masih berjalan. Sebanyak 12 tim dari Asia masih memperebutkan empat tiket utama plus satu tiket dari babak play-off untuk bisa berlaga di kejuaraan sepak bola tertinggi dunia yang digelar empat tahunan itu. Satu di antara 12 tim yang masih berusaha mendapatkan tiket ke Qatar adalah tetangga Indonesia, Vietnam.

Kini 12 tim Asia tersebut masih berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Turnamen kualifikasi tersebut membagi 12 tim menjadi dua grup, masing-masing enam tim peserta. Masing-masing juara dan runner-up grup akan mendapatkan empat tiket untuk putaran final Piala Dunia 2022.

Sementara itu, tim peringkat ketiga dari masing-masing grup akan dipertemukan dan menjalani babak keempat kualifikasi. Sebuah single match digelar untuk mencari satu tim dari Asia yang akan tampil diĀ Inter-confederation play-off, di mana dari sana akan ditentukan apakah akan ada lima wakil dari Asia, atau hanya empat tim saja.

Sebelum masuk ke babak keempat atau bahkan fase inter-confederation play-off, kini 12 tim tengah bertarung untuk mematikan empat tiket langsung putaran final Piala Dunia 2022.

Grup A babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 berisi lima tim asal Timur Tengah, antara lain Iran, Lebanon, Uni Emirat Arab, Irak, dan Suriah, plus satu tim asal Asia Timur, Korea Selatan. Sementara di Grup B ada Arab SAudi, Oman, Australia, Jepang, China, dan tetangga Indonesia, Vietnam.

2 dari 2 halaman

Vietnam Belum Meraih Poin

Sebagai satu-satunya perwakilan Asia Tenggara yang masih tersisa menuju Piala Dunia 2022, Vietnam tentu berharap bisa melangkah jauh dan tampil di Qatar. Apalagi saat ini Vietnam memang menjadi tim terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Namun, dari empat matchday yang sudah dijalani, Vietnam masih tanpa poin. Vietnam kalah 1-3 dari Arab Saudi, 0-1 dari Australia, 2-3 dari China, dan 1-3 dari Oman.

Meski harus mengalami kekalahan dalam empat laga yang sudah dimainkan, bukan berarti peluang Vietnam sudah tertutup. Masih ada enam pertandingan yang bakal dijalani Vietnam hingga 29 Maret 2022. Vietnam masih punya satu kesempatan lagi untuk mengalahkan empat tim tersebut, plus dua laga kontra Jepang.

Saat ini, dua posisi teratas di Grup A ditempati oleh Iran yang sudah mengoleksi 10 poin dan Korea Selatan dengan 8 poin, unggul jauh dari tim peringkat ketiga, Lebanon yang baru mengoleksi lima poin.

Sementara di Grup B, dua posisi teratas ditempati oleh Arab Saudi yang mengoleksi 12 poin sempurna dan Australia yang mengoleksi 9 poin.

Video Populer

Foto Populer