Sukses


Liga Spanyol: Ronald Koeman Didepak, Xavi Paling Favorit Tangani Barcelona

Bola.com, Jakarta - Kebersamaan Ronald Koeman bersama Barcelona harus berakhir. Manajemen klub Barcelona secara resmi memecat pelatih asal Belanda itu setelah Blaugrana menelan kekalahan dari Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari.

Kekalahan yang membuat Barcelona terpuruk di La Liga Spanyol hingga melorot ke urutan sembilan klasemen sementara. Barca juga hanya menang dua kali dari tujuh pertandingan liga terakhir, termasuk kekalahan dari Real Madrid dalam El Clasico akhir pekan lalu.

Ditambah hasil jeblok di babak penyisihan grup Lga Champions musim ini. Dengan demikian, usai sudah kerja sama Koeman selama 14 bulan lamanya menjadi nahkoda tim Catalan.

Kini muncul nama Xavi Hernandez yang difavoritkan untuk menggantikan Koeman. Xavi jelas bukan orang asing lagi bagi Barca, karena merupakan satu di antara mantan pemain besarnya.

Laporan dari ibtimes, Xavi dinilai paling masuk akal untuk melanjutkan tugas Ronald Koeman, meski juga tidak menganggur. Diketahui Xavi masih menjadi pelatih di Liga Qatar bersama klub Al Sadd.

2 dari 4 halaman

Kecocokan Filosofi

Xavi Hernandez lama bermain di Barcelona bahkan sejak masih di akademi. Riwayatnya yang sangat mengenal karakter Barcelona di bawah beberapa pelatihnya, Xavi dianggap sebagai pilihan yang popular terutama di kalangan fans Barcelona setelah dipecatnya Koeman.

Karier yang gemilang dan menjadi  kepingan era keemasan Barcelona, Xavi paling difavoritkan saat ini untuk segera mengisi posisi yang baru saja diitinggalkan Koeman.

Ada pula anggapan bahwa pelatih berusia 41 tahun itu akan menanamkan gaya atraktif seperti yang dimainkan Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola. Mengingat Xavi dengan sejumlah pemain lain seperti Andres Iniesta dan Lionel Messi menjadi bagian kejayaan Barca saat itu.

Di sisi lain, sejumlah nama alternatif seperti pelatih River Plate Marcelo Gallardo dan Erik ten Hag dari Ajax kabarnya enggan meninggalkan jabatannya di tengah musim ini. Membuat sosok Xavi menjadi unggulan.

3 dari 4 halaman

Pelatih Sementara

Kini setelah memecat Ronald Koeman, Barcelona untuk sementara dibesut Sergi Barjuan. Sosok legenda lain Barca yang merupakan pelatih Barcelona B.

Ia akan memimpin Gerard Pique dkk. untuk beberapa laga ke depan. Seperti Alaves, Dynamo Kiev, dan Celta Vigo sebelum jeda internasional berikutnya.

Sebelumnya, masa depan Ronald Koeman bersama Barcelona memang dalam ketidakpastian, seiring klub mengalami penurunan kualitas.

Dimulai dari beban utang Barcelona yang besar, hingga membuat keputusan melepas Lionel Messi ke PSG. Antoine Griezmann juga rela bergabung ke Atletico Madrid.

Barcelona mendatangkan sejumlah pemain baru secara gratis semacam Sergio Aguero dan Memphis Depay. Hal itu diakui Ronald Koeman sebagai faktor pembeda dengan tim-tim lain.

“Dalam beberapa tahun terakhir, klub lain telah memperkuat setiap musim dan kami tidak,” kata Koeman setelah pertandingan terakhirnya melawan Rayo Vallecano.

Sumber: ibtimes

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Barcelona?

Video Populer

Foto Populer