Sukses


Termasuk Raul Gonzales, 10 Raja Gol di Liga Champions Sebelum Era Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Liga Champions bisa dikatakan menjadi panggungnya Cristiano Ronaldo. Bintang Manchester United asal Portugal itu seperti tidak mau berhenti tampil atau mencetak gol di ajang Liga Champions sampai saat ini.

Bahkan ia baru saja menambah punci-pundi golnya ke gawang Villarreal, saat Manchester United menang 0-2, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. Cristiano Ronaldo mencetak rekor unik. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak tiga gol kemenangan di menit-menit akhir laga dalam satu musim.

Baik jumlah penampilan maupun catatan gol yang ditorehkan, redikat Mr Liga Champions layak disematkan kepada Cristiano Ronaldo.

Hingga saat ini, Cristiano Ronaldo telah mencetak 140 gol dengan perkiraan rata-rata 0,77 gol per pertandingan. Hanya Lionel Messi yang menjadi pemain paling mungkin mendekatinya.

Namun jauh sebelum kedatangan era Cristiano Ronaldo, tidak sedikit pemain hebat yang menjadi raja gol di ajang Liga Champions. Nama-nama ini tidak kalah tajamnya untuk urusan membobol gawang lawan demi memburu trofi si kuping besar.

Siapa saja deretan pemain dengan jumlah gol banyak di Liga Champions sebelum datangnya Cristiano Ronaldo pada tahun 2003? Berikut daftarnya yang dirangkum dari sportskeeda:

2 dari 11 halaman

Marco Simone

 Pemain asal Italia yang cukup dikenal namanya pada era 90-an. Meski bertubuh kecil, Marco Simone dibekali kecepatan dan tipu dayanya sangat kontras dengan kekuatan dan kemampuan Cristiano Ronaldo.

Namun, Simone meninggalkan jejak yang kuat di turnamen Liga Champions. Dalam 40 penampilan di turnamen tersebut, Simone mencetak 23 gol. Dia juga memenangkan Liga Champions bersama AC Milan di musim 1993-1994.

3 dari 11 halaman

Rivaldo

Bintang asal Brasil yang sangat dikenal pada masanya, terutama bermain untuk Barcelona. Gelandang serang berbakat yang punya kualitas kaki kiri maut.

Meski hebat bersama Barca, ia baru bisa menjuarai Liga Champions pertamanya dengan AC Milan. Rivaldo mencetak 24 gol dalam 55 pertandingan.

4 dari 11 halaman

Andriy Shevchenko

Berikutnya adalah mesin gol Ukraina Andriy Shevchenko, yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu penyerang paling legendaris. Shevchenko adalah pencetak gol mematikan bersama AC Milan baik di Serie A maupun Liga Champions.

Hingga Cristiano Ronaldo melakukan debutnya di Liga Champions, Shevchenko telah membuat 49 penampilan dan mencetak 24 gol. Mantan pemenang Ballon d'Or juga mengangkat trofi yang pada 2002-2003 bersama AC Milan.

5 dari 11 halaman

Mario Jardel

Seperti Cristiano Ronaldo di Liga Champions, Mario Jardel meninggalkan jejak sangat awal. Dia lahir dari Brasil namun memiliki kewarganegaraan Portugal dan menjadi pemain andalan Porto.

25 golnya dari 46 penampilan di Liga Champions adalah bukti menyedihkan dari kisah seorang pesepakbola. Dengan keberuntungan yang lebih baik, mungkin Jardel akan menjadi rekan satu tim dengan Cristiano Ronaldo juga.

6 dari 11 halaman

Thierry Henry

Pemain besar asal Prancis yang memiliki segalanya untuk ukuran seorang pemain depan. Sulit untuk menggambarkan Henry dalam hal posisi bermainnya karena, di atas kertas, dia adalah seorang penyerang.

Tapi dia lebih, dan tipu muslihat, keterampilan, dan kepercayaan dirinya sangat jarang terlihat di antara yang lain. Sebelum Cristiano Ronaldo melakukan debut di Liga Champions, legenda Arsenal Henry telah mencetak 26 gol dalam 52 penampilan.

 

7 dari 11 halaman

Filipo Inzaghi

Penyerang legendaris Italia lainnya ada dalam daftar, Filipo Inzaghi telah mencetak 28 gol dalam 41 penampilan Liga Champions sebelum Cristiano Ronaldo melakukan debutnya di kompetisi tersebut.

Tidak hanya Inzaghi seorang pencetak gol yang fenomenal, tetapi ia juga terkenal dengan naluri predatornya di dalam kotak penalti. Kebetulan, itu adalah kemampuan yang juga dapat ditemukan pada Cristiano Ronaldo.

Seperti Cristiano Ronaldo, Inzaghi juga mengangkat trofi Liga Champions lebih dari satu kali dalam karir bermainnya.

8 dari 11 halaman

Patrick Kluivert

Bagian dari generasi emas Ajax, Patrick Kluivert dianggap oleh banyak penggemar sepak bola sebagai salah satu pesepakbola terhebat di generasinya. Seperti Cristiano Ronaldo, Kluivert menggunakan kecerdasan sepak bola, tipu muslihat, dan kemampuan teknisnya untuk mengalahkan para pemain bertahan.

Kluivert mencetak 29 gol di Liga Champions dan membuat 68 penampilan sebelum debut Cristiano Ronaldo pada 2003.

9 dari 11 halaman

Ruud van Nistelrooy

Pemain hebat Liga Champions Cristiano Ronaldo dan Ruud van Nistelrooy memiliki banyak kesamaan. Kedua pencetak gol mematikan telah pindah dari Manchester United ke Real Madrid dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dari generasi mereka masing-masing.

Nistelrooy terkenal dengan insting predator dan kemampuan mencetak golnya di depan gawang. Pemain asal Belanda itu mencetak 30 gol hanya dalam 35 penampilan Liga Champions tetapi sayangnya tidak pernah memenangkan Liga Champions.

10 dari 11 halaman

Alessandro Del Piero

Legenda Italia Alessandro Del Piero sangat berbeda dalam gaya bermainnya dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo. Del Piero memiliki sifat yang sangat rajin di lapangan karena ia lebih dari sekadar pilihan mencetak gol.

Dia sering turun ke dalam untuk menciptakan gol bagi rekan satu timnya dan memiliki sisi kreatif alami untuk permainannya secara bersamaan. Del Piero berhasil memenangkan Liga Champions di masa bermainnya.

Sebelum debut Cristiano Ronaldo, ia adalah pencetak gol terbanyak kedua dengan 31 gol Liga Champions dalam 61 penampilan.

 

11 dari 11 halaman

Raul Gonzalez

Di posisi teratas duduk Raul Gonzales, pemain besar yang pernah dilahirkan Real Madrid. Seperti Cristiano Ronaldo, Raul adalah sosok yang bisa diandalkan di depan gawang, dan dia lebih sering mengirim barang.

Raul mencetak 43 gol Liga Champions dalam 79 pertandingan, dan seperti Cristiano Ronaldo, dia memenangkan Liga Champions beberapa kali bersama Real Madrid.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer