Sukses


6 Bintang yang Pernah Sabet Trofi Pemain Terburuk Liga Italia: Didominasi Pemain Asal Brasil

Bola.com, Jakarta - Liga Italia pernah mengalami masa kejayaan di era menjelang milenium baru. Terbukti banyak pemain besar dunia berkarier di negeri pizza.

Liga Italia juga pernah menjadi kompetisi terbaik, dengan persaingan sengit oleh banyak tim. Juventus, Inter Milan, AC Milan, Lazio, AS Roma, Fiorentina, dan AC Parma mampu bersaing ke kompetisi Eropa.

Nama-nama pemain besar dunia, pernah singgah di Serie A. Namun ada pula yang mendapat penghargaan sebagai pemain terburuk, karena minimnya kontribusi yang diberikan untuk klub.

Dikutip dari Planet Football, antara tahun 2003 dan 2012, acara radio Italia Catersport mengadakan jajak pendapat tahunan untuk menentukan deretan pemain Serie A terburuk pada periode ini.

Mereka melakukan hal-hal yang sedikit berbeda di Italia. Seperti kebalikan dari Ballon d’Or, penghargaan yang diberikan adalah trofi sebagai pemain terburuk atau dikenal dengan Bidone d'Oro.

Menariknya, deretan pemain ini pernah menduduki titik tertinggi sebagai pesepakbola di kesempatan lain. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya:

 

2 dari 8 halaman

Rivaldo

Meskipun berpura-pura cedera karena bola di Piala Dunia, nama Rivaldo masih menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia pada tahun 2002. AC Milan menandatangani pemain berusia 30 tahun dari Barcelona musim panas itu.

Tidak seorang pun kecuali Rui Costa, Clarence Seedorf, Jon Dahl Tomasson dan beberapa pemain lain yang membuat Rivaldo absen dari tim hampir sepanjang musim.

Meskipun memenangkan Liga Champions pada tahun 2003, Rivaldo menahan persaingan untuk Bidone perdana dari Al-Saadi Gaddafi, putra diktator Libya Muammar, yang telah membeli jalannya ke pengaturan skor Perugia untuk membuat penampilan pengganti tunggal.

3 dari 8 halaman

Christian Vieri

Bidone d'Oro diputuskan oleh massa, jadi tidak mengherankan jika para pemain Milan dan Inter mendapatkan banyak nominasi dari penggemar saingan.

Christian Vieri, yang pindah langsung dari Inter ke Milan pada musim panas 2005, selalu menarik kemarahan para pengkritiknya, tetapi itu tidak membantu bahwa dia benar-benar sampah di klub barunya.

Dia mencetak satu gol dalam delapan pertandingan, kemudian pergi setelah setengah musim untuk bergabung dengan Monaco.

4 dari 8 halaman

Adriano Leite

Pemain legendaris asal Brasil yang begitu menawan bersama Inter Milan. Adriano Leite dikenal sebagai striker mematikan dengan kekuatan tendangan kaki kirinya.

Adriano mendapat predikat pemain terburuk di tahun 2006. Hal itu disebabkan oleh hilangnya performa dramatis striker Brasil itu selama satu tahun kalender.

Sebuah pertunjukan bencana di Piala Dunia 2006 diikuti oleh mantra mandul di Serie A, dengan Adriano gagal untuk membuka rekening sampai dua hari sebelum Natal - lama setelah pemungutan suara telah diberikan.

Adriano secara teknis memenangkan liga dalam empat musim berturut-turut bersama Inter.

5 dari 8 halaman

Felipe Melo

Orang-orang Brasil adalah sasaran empuk bagi para penggemar Italia, dan gelandang bertahan Melo mendapatkan trofi jenakanya setelah kepindahan 25 juta euro ke Juventus.

Sebenarnya, yang satu ini agak keras. Melo mungkin mendapatkan nominasinya setelah menyikut Mario Balotelli dengan keras dalam kemenangan 2-1 atas Inter.

Tetapi pemain Brasil itu adalah salah satu pemain lini tengah Juve yang lebih baik selama musim yang mengecewakan di mana mereka finis di urutan ketujuh. Di luar dugaan, Melo merasa perlu membela diri usai penghargaan tersebut.

6 dari 8 halaman

Diego Milito

Sedikit lebih dari setahun setelah memenangkan treble bersama Inter Milan, Ia terkena imbasnya karena kesalahan Rafa Benitez, yang gagal memperpanjang kejayaan Inter selama musim 2010/2011.

Tapi Milito bereaksi dengan brilian. Ia menemukan ketajaman dicadangkan untuk sebuah pertandingan kandang melawan Lecce. Dia masuk pada babak pertama, mencetak gol setelah empat menit, kemudian mencetak sembilan gol dalam enam pertandingan.

Hanya pemain Milan Zlatan Ibrahimovic (28 gol) yang mencetak lebih banyak dari Milito (24 gol) pada akhir musim 2011/2012.

7 dari 8 halaman

Alexandre Pato

Pemain asal Brasil yang sempat digadang-gadang bakal bersinar di Eropa saat bergabung dengan AC Milan. Namun cedera panjang memaksanya lebih banyak berada di bangku cadangan.

Pato meraih trofi Bidone d'Oro terakhir setelah mencetak satu gol Serie A dalam 18 bulan. Sekaligus menjadi penhargaan keenam kalinya trofi itu jatuh ke tangan pemain Brasil.

Sumber: Planet Football

8 dari 8 halaman

Yuk Tengok Persaingan di Serie A

Video Populer

Foto Populer