Sukses


Piala Dunia 2022: Mampukah Timnas Prancis Patahkan Kutukan Status Juara Bertahan?

Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis akan datang ke Piala Dunia 2022 di Qatar sebagai juara bertahan, setelah mereka menjuarai ajang tersebut empat tahun lalu di Rusia. Turnamen akbar ini akan ditayangkan secara eksklusif oleh EMTEK Group melalui berbagai platform.

Prancis diketahui merupakan satu di antara kekuatan sepak bola dari Eropa dengan dua trofi Piala Dunia yang mereka dapatkan pada edisi 1998 dan 2018. Pada akhir tahun nanti Les akan datang tentunya dengan lebih percaya diri di Piala Dunia 2022.

Terutama saat pasukan Didier Deschamps memiliki ambisi untuk memecahkan tren kutukan yang terjadi pada juara bertahan sebelumnya yang pernah mengganggu beberapa negara. Ya, terdapat kutukan bagi tim juara bertahan yang biasanya gagal di turnamen berikutnya.

Misteri Kutukan tersebut membuat gagalnya juara bertahan pada kompetisi selanjutnya, terbukti paling tidak selama 3 perhelatan Piala Dunia terakhir.

Italia yang gagal di fase grup pada tahun 2010 diketahui jika mereka adalah kampiun di tahun 2006, begitupun dengan Spanyol yang menjadi juara pada tahun tersebut gagal ditahun 2014, termasuk dengan Jerman di 2018.

Perlu untuk diketahui juga jika Prancis memiliki memori kelam ketika berstatus juara bertahan. Tepatnya pada perayaan Piala Dunia 2002 Jepang-Korea, dimana kala itu Les Bleus bertatus sebagai juara bertahan Piala Dunia 1998.

Hal itu dirasakan betul oleh skuad Zinedine Zidane CS kala timnya tidak bisa berbuat banyak di fase grup. Ayam Jantan secara mengejutkan kalah dari Senegal 1-0 dilaga pembuka. Imbang 0-0 melawan Uruguay dan kemudian kalah dari Denmark 2-0 yang menjadi akhir bagi Les Blues di Piala Dunia 2002.

 

 

2 dari 3 halaman

Grup Enteng

Tentu cerita dan momen kelam tersebut tentunya ingin dihindari oleh prancis pada Piala Dunia 2022 nanti. Terlebih kini Prancis memiliki skuad tim yang mempuni dan bertabur bintang pula. Mulai dari Kylian Mbappe, Karim Benzema, Paul Pogba, Raphaël Varane, N’golo Kante maupun Griezmann.

Hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 menempatkan juara bertahan Prancis di Grup D, dengan lawan-lawan yang di atas kertas terbilang mudah. Antoine Griezmann dkk. hanya akan bersua Denmark, Tunisia, serta satu slot yang masih kosong, di mana masih akan diperebutkan di zona play-off, Uni Emirat Arab (UAE), Australia, dan Peru.

Denmark sebagai satu-satunya yang berpotensi menjadi penjegal, memang memiliki pemain berpengalaman macam Christian Eriksen, kapten karismatik Simon Kjær, dan kiper andalan Leicester City, Kasper Schmeichel.

Adapun, Tunisia pada Piala Dunia 2018 disorot karena setidaknya mampu memberikan perlawanan dengan para raksasa di fase grup ketika itu, Inggris dan Belgia. Sementara itu, UEA, Australia, dan Peru, walaupun minim pemain bintang, salah satunya bisa saja menjadi kuda hitam.

Prancis akan mengawali kampanye di putaran final Piala Dunia grup D pada Selasa (22/11/2022), melawan tim yang lolos di fase play-off. Kemudian Prancis akan bertemu Denmark pada Sabtu (26/3/2022), kemudian bertemu Tunisia pada Rabu (30/11/2022).

3 dari 3 halaman

Saksikan Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK Group

Sementara itu, SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Group yang memegang hak siar tayang Piala Dunia 2022 di Qatar, akan menyiarkan seluruh laga melalui media multi-platform terlengkap yang dimiliki. Anda dapat menyaksikan seluruh pertandingan, termasuk sepak terjang Timnas Inggris.

Laga-laga Piala Dunia dapat disaksikan melalui stasiun televisi Free To Air yakni SCTV, Indosiar, dan O Channel, TV terestrial digital Mentari TV, saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio dengan kemudahan akses bagi penggunanya.

Keseruan Piala Dunia akan diawali dengan pertandingan dari Grup A dan Grup B di hari pertama pada 21 November 2022. Pembagian grup sudah dilakukan melalui undian atau drawing Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, pada Jumat (1/4/2022) malam WIB dan tayang di Indosiar.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer