Sukses


8 Statistik yang Jadi Bukti Lionel Messi Sudah Balik Spektakuler pada 2022

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi secara perlahan kembali pada performa terbaiknya sejak hijrah dari Barcelona ke PSG. Statistiknya di tahun 2022 bersama raksasa Prancis membuktikan dirinya belum habis.

Lionel Messi memutuskan pergi dari Barcelona pada musim panas tahun lalu. Setelah kontraknya di Camp Nou habis, ia datang ke PSG dengan status bebas transfer.

Bintang Argentina itu melengkapi kemegahan skuad PSG. Sebelumnya sudah ada nama Neymar Jr dan Kylian Mbappe, kedatangan Messi pun menambah kekuatan lini depan mereka.

Saat masih beradaptasi di klub barunya, Messi harus berjuang dalam beberapa bulan pertamanya bersama Les Parisiens. Namun kini sudah tampak jauh lebih baik, ia memberikan kontribusi nyata di PSG.

Kegagalan PSG di Liga Champions bukan berarti Lionel Messi tidak banyak berbuat sesuatu untuk tim yang bermarkas di Parc des Princes. Secara individu, sihir Messi belum hilang, terutama meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2022 dan selangkah lagi ia mengangkat trofi Liga Prancis

Tapi meski kesuksesan di Liga Champions mungkin telah menyinggungnya sekali lagi, dia telah membantu negaranya lolos ke Piala Dunia di Qatar dan berada di jalur untuk menjadi juara Prancis untuk pertama kalinya.

Data dari Planet Football, Lionel Messi diam-diam menunjukkan penampilan berkualitas meski usianya sudah tidak lagi muda tahun ini. Berikut ini statistik yang menunjukkan Messi kembali ke performa terbaiknya pada 2022:

2 dari 9 halaman

Raja Assist

Messi memiliki sembilan assist Ligue 1 pada 2022 sejauh ini, yang telah membantunya naik ke urutan kedua dalam daftar assist liga secara keseluruhan musim ini dengan 13. Hanya Kylian Mbappe yang memiliki lebih banyak, dengan 14.

3 dari 9 halaman

Lewati Mesut Ozil

Lionel Messi mengoleksi sembilan assist itu termasuk hat-trick assist melawan Clermont Foot, hat-trick assist keenam dalam karirnya. Hanya satu pemain yang memiliki lebih banyak dalam sejarah, Mesut Ozil dengan tujuh kali.

4 dari 9 halaman

Masih Produktif

Messi juga mencetak dua gol tahun ini untuk PSG, keduanya di liga, sehingga total kontribusi golnya sejak pergantian tahun menjadi 11.

5 dari 9 halaman

Berkontribusi Besar

Fakta lainnya, dari sembilan pertandingan liga yang dia mainkan tahun ini, Messi hanya gagal mencetak gol atau membantu dalam dua pertandingan di antaranya. Ia bahkan memberikan assist kepada Marco Veratti di menit ke-27 ia bermain melawan Reims di pertandingan pertama tahun baru 2022.

6 dari 9 halaman

Loloskan Argentina ke Piala Dunia 2022

Kesuksesan Lionel Messi tidak hanya bersama PSG, tetapi juga untuk negaranya. Dia mencetak gol penting melawan Venezuela dan Argentina lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Messi total mengoleksi 81 gol bersama Albiceleste.

Oleh karena itu, di semua kompetisi untuk klub dan negara, Messi telah membuat sembilan assist dan mencetak tiga gol dalam 14 pertandingan yang dia mainkan tahun ini.

7 dari 9 halaman

Rasio Assist dan Gol

Dengan pencapaiannya sejak awal tahun 2022, Lionel Messi rata-rata membuat 0,64 assist per laga dan 0,23 gol per laga pada tahun ini.

8 dari 9 halaman

Kontribusi Meningkat

Fakta lain yang ditulis Planet Football, Messi pada akhir tahun lalu memiliki total kontribusi gol 0,86 yang mengesankan per pertandingan. Kemudian setelah memasuki tahun 2022, naik menjadi 0,92 kontribusi gol per pertandingan.

9 dari 9 halaman

Rekor Baru

Dari perbandingan yang mencolok dengan statistik PSG-nya pada tahun 2021. Di Ligue 1, Lionel Messi memiliki 6 kontribusi gol dalam 11, rasio 0,55 kontribusi per pertandingan. Level yang sulit disamai oleh pemain lain dan membuktikan bahwa Messi benar-benar telah kembali ke performa terbaiknya.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer