Sukses


Jurgen Klopp Puji Kerja Keras Real Madrid ke Final Liga Champions: Luar Biasa!

Bola.com, Jakarta - Kegagalan Man City melangkah ke final Liga Champions turut membuat manajer Liverpool, Jurgen Klopp, meras kecewa. Namun, manajer asal Jerman itu juga memuji upaya luar biasa yang dilakukan Real Madrid untuk bangkit dan melakukan comeback hingga memastikan tiket final Liga Champions menjadi milik mereka.

Final Liga Champions telah rapi terbentuk. Liverpool dan Real Madrid akan berhadapan dalam pertandingan puncak kompetisi elite Eropa itu pada 29 Mei 2022.

Liverpool lebih dulu memastikan diri melangkah ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Villarreal pada Rabu (4/5/2022) dini hari WIB. The Reds yang datang ke Spanyol dengan keunggulan 2-0 yang diraih di Anfield, sempat tertinggal 0-2 di babak pertama.

Namun, tim asuhan Jurgen Klopp itu bangkit dan mencetak tiga gol di babak kedua yang membuat Liverpool menang 3-2 dan lolos ke final Liga Champions dengan agregat 5-2.

Ternyata, keberhasilan Liverpool itu dilanjutkan oleh Real Madrid. Berbeda dengan Liverpool, Los Blancos mengawali leg kedua semifinal di Santiago Bernabeu dengan modal kalah 3-4 dari Manchester City yang mereka alami di Etihad. Namun, Real Madrid pada akhirnya mampu bangkit dan lolos ke final Liga Champions dengan agregat 6-5.

Bahkan Real Madrid yang sempat kebobolan satu gol oleh Riyad Mahrez di Santiago Bernabeu, mampu menekan terus hingga akhirnya bisa mendapatkan dua gol lewat aksi Rodrygo Goes yang membantu Los Blancos memaksakan pertandingan ke extra time. Berkat gol penalti Karim Benzema, Real Madrid pun melangkah ke final Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Real Madrid Luar Biasa

Jurrgen Klopp mengungkapkan bahwa ia sebenarnya sudah berharap bisa menghadapi Real Madrid setahun setelah Liverpool kalah dari Los Blancos di final Liga Champions 2017/2018. Namun, saat itu niat pembalasan Liverpool tidak sempurna karena mereka kembali ke final Liga Champions tapi harus menghadapi Tottenham Hotspur, bukan Real Madrid.

"Ketika kami kalah pada 2018, sebenarnya solusi favorit saya adalah bermain lagi di final tahun berikutnya dan menghadapi Real Madrid. Jujur saja, Itu harapannya saat itu. Namun, kami menghadapi Tottenham, di mana itu tidak apa. Tampaknya ini takdir kami," ujar Klopp seperti dilansir dari Marca.

Menurut Klopp, laga leg kedua semifinal Liga Champions menjadi momentum yang membuat Man City tidak beruntung. Namun, terlepas dari itu, manajer asal Jerman itu mengakui bahwa Real Madrid memang tampil luar biasa, mulai dari tertinggal, bangkit, memaksakan laga ke extra time, hingga akhirnya menang dan lolos ke final Liga Champions.

"Aneh dan sial bagi Man City, tapi apa yang dilakukan Real Madrid memang luar biasa. Mereka lolos ke final setelah mengalahkan PSG, Chelsea, dan City. Kami katakan sebelum kami menghadapi Villarreal, jika Anda bisa menyingkirkan Bayern Munchen, Anda pantas berada di semifinal, dan jika Anda menyingkirkan tiga klub besar itu, maka Anda benar-benar pantas berada di final," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Real Madrid Tetap Favorit

Jurgen Klopp juga harus mengakui bahwa seperti halnya final 2017/2018, Real Madrid masih tetap menjadi favorit untuk menjuarai Liga Champions musim ini.

Namun, manajer asal Jerman itu menilai cukup banyak yang mendukung Liverpool untuk bisa menjadi juara pada musim ini. Klopp pun meyakini pertandingan final Liga Champions musim ini akan benar-benar luar biasa.

"Mereka kini menjadi favorit utama dengan semua pengalaman yang mereka miliki. Kami mungkin lebih berpengalaman ketimbang sebelumnya, tapi jelas tidak untuk dibandingkan. Banyak pemain masih mendukung mereka dan kami, yang artinya itu pertanda baik," ujar Klopp.

"Pertandingan ini akan luar biasa. Kami mungkin tidak senang pada malam itu, jelas, tapi itu sudah masa lalu. Saya senang bisa kembali ke sana dan mencobanya," lanjutnya.

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer