Sukses


5 Pelatih Paling Boros di Bursa Transfer: Sebanding dengan Prestasi di Lapangan?

Bola.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau pelatih sepak bola biasa menuntut klub untuk berani berinvestasi. Alasannya tentu saja agar performa tim sesuai dengan target yang dicanangkan.

Pelatih selalu dituntut untuk bisa memberikan hasil yang bagus untuk timnya. Kalau tidak, mereka pasti akan langsung dipecat.

Untuk meraih kesuksesan di lapangan, pelatih butuh dukungan di bursa transfer. Pasalnya, pelatih harus memiliki pemain yang tepat untuk menjalankan strateginya.

Untuk mendapatkan pemain yang tepat terkadang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan seorang pelatih terkadang harus memecahkan rekor transfer hanya untuk membeli seorang pemain.

Berikut ini lima pelatih yang sudah mengeluarkan uang paling banyak di bursa transfer.

 

2 dari 6 halaman

Antonio Conte

Antonio Conte punya reputasi yang mentereng di dunia kepelatihan. Pelatih asal Italia tersebut sudah memenangkan sejumlah gelar bersama klub yang tanganinya.

Conte memenangkan gelar Serie A saat menangani Juventus dan Inter Milan. Pria berusia 52 tahun tersebut juga menyabet gelar Premier League bersama Chelsea.

Dalam sepanjang kariernya, Conte sudah menghabiskan 956,9 juta euro di bursa transfer. Pembelian termahalnya termasuk Alvaro Morata dan Romelu Lukaku.

 

3 dari 6 halaman

Diego Simeone

Diego Simeone sudah cukup lama menangani Atletico Madrid. Dia mampu membawa Los Rojiblancos meraih prestasi yang bagus di kancah domestik dan Eropa.

Simeone berhasil mengantarkan Atletico meraih gelar La Liga pada musim lalu. Ini merupakan gelar La Liga kedua buat pelatih asal Argentina tersebut.

Selama menjadi pelatih, Simeone telah menghabiskan dana belanja sebesar 980,3 juta euro. Pembelian termahalnya yaitu kala memboyong Joao Felix dari Benfica sebesar 127 juta euro.

 

4 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri kembali ke Juventus pada musim ini setelah menganggur cukup lama. Ini merupakan periode keduanya menangani La Vechia Signora.

Allegri sering kali mendapatkan pemain bagus secara gratis di bursa transfer. Namun, pelatih asal Italia tersebut juga sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain.

Mantan pelatih AC Milan itu sudah menghabiskan dana sebesar 994,4 juta euro. Pembelian termahalnya tentu saja Cristiano Ronaldo yang ditebus 117 juta euro pada 2018.

 

5 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih yang berprestasi. Namun, dia juga kerap melakukan belanja pemain secara jorjoran di setiap klub yang disinggahinya.

Pelatih asal Portugal tersebut sudah menghabiskan 1,07 miliar euro untuk belanja pemain di bursa transfer. Ada banyak rekrutan Mourinho yang bersinar di bawah asuhannya.

Pembelian termahal Mourinho tercatat atas nama Paul Pogba. Ketika itu Manchester United merekrutnya dari Juventus seharga 105 juta euro.

 

6 dari 6 halaman

Josep Guardiola

Josep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di era sepak bola modern. Tiga tim papan atas di Eropa telah dibawanya merasakan euforia juara.

Guardiola pernah mengangkat trofi juara bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City. Itu termasuk gelar La Liga, Bundesliga, Premier League dan Liga Champions.

Untuk meraih kesuksesan tersebut, Guardiola telah menghabiskan banyak uang di bursa transfer. Total pengeluarannya mencapai angka 1,38 miliar euro untuk membeli pemain di bursa transfer.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 19/5/2022)

Video Populer

Foto Populer