Sukses


Piala Dunia 2022 Bakal Cetak Sejarah, Untuk Kali Pertama Pakai Wasit Perempuan

Bola.com, Jakarta - Wasit wanita akan memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar. Ini menjadi tonggak sejarah karena untuk pertama kalinya diterapkan dalam sejarah turnamen.

Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang telah dipilih untuk memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Selain itu, mereka akan didukung oleh tiga asisten wasit wanita.

Wasit Liga Inggris, Michael Oliver dan Anthony Taylor juga telah dipilih untuk Piala Dunia 2022, yang dimulai pada Senin, 21 November 2022.

Taylor menjadi wasit pertandingan Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia, dan dipuji karena bereaksi cepat untuk memastikan Christian Eriksen mendapat perawatan medis darurat setelah pingsan di lapangan.

Secara total, 36 wasit, 69 asisten wasit, dan 24 ofisial VAR telah dipilih untuk Piala Dunia 2022.

 

2 dari 5 halaman

Wasit Berkualitas

Pierluigi Collina yang menjabat sebagai Ketua Komite Wasit FIFA, menjelaskan bahwa semua yang terpilih adalah wasit berkualitas yang telah teruji. Ia mengaku sudah melalui tahap penyaringan selama bertahun-tahun.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'kualitas pertama' dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili tingkat wasit tertinggi di dunia," kata Pierluigi Collina.

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA."

 

3 dari 5 halaman

Tepis Isu Gender

Lebih lanjut, Collina berharap ke depan wasit wanita di sepak bola bukan lagi menjadi sesuatu yang sensasional dan dianggap biasa. Ia dengan tegas menepis wasit terpilih adalah yang terbaik, bukan karena ingin menempatkan gender sebagai prioritas.

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender.

"Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan elit putri untuk kompetisi penting putra akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional."

4 dari 5 halaman

Pembagian Jadwal

FIFA sudah membagi pertandingan di fase grup untuk setiap stadion. Grup A, B, E dan F akan berlaga di Al Bayt, Khalifa International, Al Thumama dan Ahmad bin Ali.

Sementara itu, laga-laga di Grup C, D, G dan H akan berlangsung di Lusail, Education City, Ras Abu Aboud dan Al Janoub. Jadwal laga perdana adalah 21 November 2022, dengan menampilkan laga Grup A antara Qatar dan lawan yang belum diundi.

Berikut ini jadwal lengkap Piala Dunia 2022 :

  • 1. Fase Grup : 21 November - 2 Desember 2022
  • 2. Babak 16 Besar : 3-6 Desember 2022
  • 3. Perempat Final : 9-10 Desember 2022
  • 4. Semifinal : 13-14 Desember 2022
  • 5. Perebutan peringkat 3 : 17 Desember 2022
  • 6. Final : 18 Desember 2022
5 dari 5 halaman

Piala Dunia 2022 Qatar Eksklusif di EMTEK

Aksi-aksi bintang terbaik dari 32 negara peserta Piala Dunia 2022, akan menjadi tontonan menarik pada 21 November - 18 Desember 2022. EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022, bersiap memberikan sajian istimewa sepanjang turnamen.

Para penikmati sepak bola, khususnya di panggung Piala Dunia 2022, bisa merasakan sensasi luar biasa dengan menggunakan berbagai platform media yang dimiliki EMTEK Group. Mereka bisa menyaksikan melalui stasiun televisi Free To Air yakni SCTV, Indosiar, dan O Channel.

Selain itu, berbagai pertandingan Piala Dunia 2022 juga akan hadir via TV terestrial digital Mentari TV, saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio dengan kemudahan akses bagi penggunanya.

Video Populer

Foto Populer