Sukses


10 Pemain Paling Berharga Menurut CIES Football: No Ronaldo, No Messi..Generasi Sudah Berganti!

Bola.com, Jakarta - CIES Football Observatory merilis daftar 10 pemain paling berharga di dunia saat ini. Menariknya, daftar itu dihuni pemain-pemain muda. Tak ada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

BintangĀ PSG, Kylian Mbappe, berada di peringkat pertama dengan harga pasar mencapai 205,6 juta euro.

Di usia belia, Mbappe sudah mendapatkan banyak prestasi bergengsi yang bahkan para seniornya belum pernah capai. Mulai dari kompetisi bergengsi domestik di Prancis hingga gelar Piala Dunia pada tahun 2018.

Satu-satunya trofi yang belum sempat menghiasi lemari gelar Mbappe adalah Liga Champions. Kendati demikian, ia sudah pernah mendapatkan medali runner-up. Mbappe masih punya waktu banyak untuk meraih trofi dari kompetisi tersebut.

Karena prestasi dan tentunya kontribusi di lapangan, Kylian Mbappe jadi incaran banyak klub papan atas Eropa. Banyak klub yang bersedia membelinya dengan harga tinggi. Bahkan Real Madrid diketahui pernah membuat proposal 200 juta euro untuknya.

2 dari 5 halaman

Kriteria

Penentuan ditentukan berdasarkan beberapa faktor termasuk usia pemain, klub, hingga kewarganegaraan.

CIES menetapkan harga pasar Mbappe saat ini mencapai 205,6 juta euro. Lalu bintang muda Real Madrid, Vinicius Junior, ada di posisi kedua dengan harga pasar 185,3 juta euro.

Peringkat ketiga dihuni penyerang asal Norwegia, Erling Haaland. Ia baru saja pindah ke Manchester City usai klausul rilisnya sebesar 60 juta euro diaktifkan. Harga pasarnya sendiri mencapai 152,6 juta euro menurut CIES.

3 dari 5 halaman

Pemain Muda

10 besar dalam daftar ini dihuni oleh pemain-pemain muda. Luis Diaz menjadi pemain yang paling tua, berusia 25 tahun empat bulan, dan menempati peringkat kedelapan dengan harga pasar mencapai 110 juta euro.

Manchester City dan Barcelona jadi penyumbang terbanyak di daftar 10 besar. Dari Manchester City ada Erling Haaland, Phil Foden (124), dan Ruben Dias (109,6). Sementara Barcelona menyumbang Pedri (135,1), Frenkie de Jong (112,5), dan Ferran Torres (109,5)

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain

Kylian Mbappe (PSG) - 205,6 juta euro

Vinicius Junior (Real Madrid) - 185,3 juta euro

Erling Haaland (Manchester City) - 152,6 juta euro

Pedri Gonzalez (Barcelona) - 135,1 juta euro

Jude Bellingham (Borussia Dortmund) - 133,7 juta euro

Phil Foden (Manchester City) - 124 juta euro

Frenkie de Jong (Barcelona) - 112,5 juta euro

Luis Diaz (Liverpool) - 110 juta euro

Ruben Dias (Manchester City) - 109,6 juta euro

Ferran Torres (Barcelona) - 109,5 juta euro

Ā 

Sumber: CIES Football Observatory

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, 7/6/2022)

Ā 

5 dari 5 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer