Sukses


6 Pemain Top yang Tak Pernah Raih Ballon d'or, Padahal Berlimpah Gelar: Apes Banget!

Bola.com, Jakarta - Sejak 2008 hingga 2021 penghargaan pemain sepak bola terbaik dunia atau Ballon d'Or hampir selalu jatuh pada dua bintang besar. Keduanya adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lebih dari satu dekade ini, dua pemain tersebut silih berganti naik ke podium untuk menerima penghargaan Ballon d"Or. Hanya pada 2018 penghargaan bergengsi itu jatuh kepada pemain lain.

Hanya pemain Real Madrid dan Kroasia, Luka Modric, yang mampu menerobos dominasi Messi dan Ronaldo. Pada 2018, Luka Modric sukses mengantar Real Madrid juara Liga Champions dan Kroasia jadi finalis Piala Dunia.

Luka Modric bisa dikatakan beruntung mendapatkan gelar Balon d'or. Sejumlah pemain bintang yang lain sulit mendapatkannya di tengah dominasi Ronaldo dan Messi.

Padahal para pemain ini mampu membawa prestasi bagi klub hingga tim nasional. Berikut 6 pemain bintang yang tidak pernah mendapatkan Ballon d'or.

 

2 dari 7 halaman

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic pernah merasakan berbagai gelar kompetisi domestik. Bahkan dia mampu memenangkan memenangkan sejumlah gelar liga terbaik di Eropa.

Mulai dari gelar Liga Belanda, Liga Italia Serie A, La Liga Spanyol, Ligue 1, hingga Piala FA. Sayangnya di kancah internasional, dia hanya mentok membawa Manchester United jadi juara Liga Europa.

Zlatan belum pernah mengangkat trofi Liga Champions Eropa maupun trofi bersama timnas Swedia. Hal ini mungkin yang membuatnya gagal meraih Ballon d'or.

 

3 dari 7 halaman

2. Gianluigi Buffon

Sangat sulit bagi penjaga gawang untuk memenangkan Ballon d'or. Hanya Lev Yashin, penjaga gawang asal Uni Soviet yang mampu memenangkan Ballon d'or pada 1963.

Gianluigi Buffon hanya menyerupai seniornya yakni Dino Zoff yang hanya mendapat jatah sebagai nomine. Mereka akhirnya kalah saat pengumuman nama pemenang.

Meski demikian, Buffon pernah memenangkan gelar liga domestik maupun di kancah internasional bersama timnas Italia. Gelar paling glamor yang dia dapatkan yakni Piala Dunia 2006.

 

4 dari 7 halaman

3. Neymar

Sejak bermain untuk Santos, Neymar dipercaya banyak orang bakal memenangan Ballon d'or. Namun kenyataan, sejak mengawali karier profesional pada 2009 hingga kini, Neymar belum pernah meraih Ballon d'or.

Kegagalan ini mungkin bukan karena dia tak mampu menunjukan prestasinya. Mungkin saja karena ekspetasi publik yang sedemikian tinggi kepadanya.

Neymar telah memiliki berbagai gelar dari level klub hingga di level timnas, mulai dari Liga Brasil, Liga Spanyol, Liga Champions, Medali Emas Olimpiade hingga Copa America. Namun, gelar bergengsi Ballon d'Or masih menjauh dari genggamannya. 

 

5 dari 7 halaman

4. Thierry Henry

Pada zamannya, Thierry Henry menjadi salah satu bintang besar di dunia sepak bola. Dia memiliki kecepatan hingga insting mencetak gol yang tinggi.

Berbagai gelar dia dapatkan bersama klub hingga timnas Prancis. Mulai dari Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Dunia bahkan Piala Eropa pernah Henry angkat trofinya.

Sejumlah gelar individu juga pernah dia raih kecuali Ballon d'or. Bahkan ada yang membandingkan kenapa Henry tidak pernah mendapatkannya, sedangan Michael Owen bisa memenangkannya.

 

6 dari 7 halaman

5. Xavi

Xavi Hernandez adalah satu dari sekian pesepak bola jenius yang pernah muncul. Dia merupakan pemain penting bagi Barcelona hingga tim nasional Spanyol.

Kecerdasannya membaca permainan dan umpan matang yang dia lepaskan membantu timnya meraih gelar. Trofi La Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Dunia hingga Piala Eropa pernah ada di tangannya.

Sayangnya dari memulai karier sebagai pemain profesional hingga akhirnya gantung sepatu, Xavi belum pernah mendapat gelar Ballon d'or. Dia beberapa kali pernah masuk nominasi namun gelarnya jatuh ke tangan Lionel Messi.

 

7 dari 7 halaman

6. Andres Iniesta

Bersama Xavi, Andres Iniesta menjadi pasangan lini tengah yang menakutkan bagi lawan-lawan Barcelona dan timnas Spanyol. Keduanya bisa mendominasi permainan tanpa memberikan bola kepada lawan.

Seperti Xavi, Iniesta juga memenangkan hampir semua gelar bergengsi bagi Barcelona maupun Spanyol. Dia juga banyak mendapat berbagai gelar individu meski belum pernah membawa pulang Ballon d'or.

Nama Iniesta hanya pernah tercatat sebagai nominasi. Sayangnya meski memiliki berbagai peranan penting untuk meraih gelar bagi timnya dia belum pernah menjadi pemain terbaik dunia.

Sumber: Give Me Sports 

 

Video Populer

Foto Populer