Sukses


Menghitung Kapan Lionel Messi Bica Pecahkan Rekor Gol Cristiano Ronaldo di Liga Champions: CR7 Bisa Tenang Manggung pada Malam Jumat

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo telah kembali bergabung dalam sesi latihan Manchester United (MU) setelah memicu kehebohan karena dikabarkan meminta keluar dari klub musim panas ini.

Menurut mantan striker yang pernah merumput di Premier League, Tony Cascarino, ada faktor Lionel Messi di balik saga Ronaldo itu. 

Tony Cascarino punya teori tersendiri terkait keinginan Ronaldo meninggalkan MU. Dia meyakini Ronaldo ingin pindah untuk menjaga rekornya di Eropa, khususnya Liga Champions.

Dia khawatir Lionel Messi bisa mengancam rekornya jika dirinya tetap di MU. Messi musim depan bisa bermain di Liga Champions bersama Paris Saint-Germain.  

"Saya sudah bilang kepada Anda secara langsung. Saya sedikit curiga dengan motifnya. Cristiano Ronaldo punya 141 gol di Liga Champions, sedangkan Messi 125 gol. Dia ingin bermain di Liga Champions karena ingin menjadi yang terhebat dalam sejarah turnamen itu," kata Cascarino, seperti dikutip Talksport, Senin (4/6/2022). 

2 dari 7 halaman

Messi Vs Ronaldo

Cristiano Ronaldo mengoleksi 141 gol di Liga Champions, yang membuatnya jadi top scorer sepanjang masa di turnamen tersebut. Posisinya tidak serta merta aman. 

Messi hanya terpaut 16 gol dari Ronaldo dalam kategori tersebut. Gap gol di antara kedua pemain bakal terpangkas jika musim depan Ronaldo tidak bermain Liga Champions.

Menurut Cascarino, Ronaldo ingin menjaga rekor prestisius tersebut. 

Ronaldo telah kembali ke Carrington untuk latihan. Itu berarti, dia bertahan di MU dan bakal absen di Liga Champions musim ini.

Berapa lama Messi bisa mengejar rekornya?

3 dari 7 halaman

Tidak Mungkin Musim Ini?

Sulit bagi Messi untuk bisa memecahkan rekor Ronaldo musim ini. Messi menjalani musim terbaiknya ketika ia mencetak 50 gol di La Liga dan 73 di semua kompetisi untuk Barcelona, pada 2011/2012.

Tahun itu, ia finis sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan 14 gol. 

Sejak menembus tim utama Barcelona pada 2005/06, Messi mencetak rata-rata 7,8 gol Liga Champions per musim. Messi akan membutuhkan setidaknya dua musim lagi untuk mencetak 16 gol lebih banyak dan melampaui torehan Ronaldo. Itu pun dengan catatan CR7 absen di Liga Champions dua musim.

4 dari 7 halaman

Menurun

Namun, keganasan Messi dalam mencetak gol di Eropa menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Dia hanya mencetak 13 gol Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Rinciannya, 3 gol pada 2019/2020, 5 gol pada 2020/2021, dan 5 gol pada 2021/2022.

Messi akan membutuhkan setidaknya empat musim lagi untuk melampaui Ronaldo.

5 dari 7 halaman

Peran Berubah

Peran Messi di PSG telah berubah dari yang biasa kita lihat di Barcelona dan Argentina.

Dia sekarang lebih sebagai pendukung. Kylian Mbappe terdepan sebagai pencetak gol terbanyak mereka dengan 39 gol di semua kompetisi musim lalu. Sebaliknya, Messi hanya mencetak enam gol liga dan 11 di semua kompetisi. Ini pencapaian terendahnya sejak 2005/2006.

Messi memberi 14 assist untuk PSG musim lalu, hanya terpaut tiga dari Mbappe.

6 dari 7 halaman

Tetap Ada Kans

Tetap ada kemungkinan Messi mencetak lebih banyak gol musim depan. Dia tidak seperti biasanya, melakukan xG (gol yang diharapkan), membentur mistar lebih banyak daripada pemain mana pun di lima liga teratas Eropa.

Dengan pelatih baru dan Messi yang makin klop dengan PSG, sama sekali tidak mengejutkan jika dia menemukan kembali magisnya dan mencetak lebih banyak gol pada 2022/2023.

7 dari 7 halaman

Faktor Usia

Messi akan berusia 36 tahun ketika kontraknya saat ini berakhir di PSG musim panas mendatang.

Semua ini dengan asumsi bahwa Ronaldo tidak pindah ke klub Liga Champions atau kembali ke kompetisi dalam satu atau dua tahun.

Keduanya telah mencetak gol pada tingkat yang sama di Eropa selama tiga atau empat musim terakhir dan Ronaldo kemungkinan akan mempertahankan jarak jika dia kembali.

 

Sumber: Planet Football, Talksport

Video Populer

Foto Populer