Sukses


Best XI Mantan Bintang Eropa yang Kini Mengadu Nasib di Timur Tengah, Cristiano Ronaldo Menyusul?

Bola.com, Jakarta - Setelah mendapat surat pemecatan dari Manchester United (MU), masa depan Cristiano Ronaldo mulai terkuak. Kapten Portugal yang masih berlaga di Piala Dunia 2022 itu menjadi pemain bebas transfer.

Dia telah mendapat tawaran pindah ke luar Eropa tepatnya di Timur Tengah bersama klub Arab Saudi, Al-Nassr. Jika kedua pihak mencapai kata sepakat, itu akan menjadi transfer terbesar dalam sejarah sepak bola di Timur Tengah.

Ronaldo sudah membantah kabar tersebut. Namun, bukan berarti rumor tersebut langsung padam. 

Ronaldo sebenarnya bukan mantan bintang liga top Eropa pertama yang bakal berlaga di Timur Tengah. Sejumlah nama-nama pemain besar mantan klub top Benua Biru juga pernah bermain wilayah penghasil minyak bumi ini.

Cristiano Ronaldo berpotensi bakal menghaapi satu dua wajah yang dia kenal. Para pemain tersebut pernah berkarier di Barcelona, Arsenal, Manchester City, dan Sevilla.

Berikut starting XI pemain hebat yang berlaga di Timur Tengah khususnya di Saudi Pro League, Qatar Stars League, maupun UAE Pro League. Langsung kita simak daftarnya.

 

2 dari 5 halaman

Kiper

Penjaga gawang: David Ospina

Penjaga gawang Kolombia sekaligus mantan Arsenal dan Napoli ini kini bermain untuk klub Saudi Pro League, Al Nassr. Jika Ronaldo jadi pindah ke klub ini maka kedua pemain yang pernah berhadapan di Italia ini bakal jadi rekan setim.

 

3 dari 5 halaman

Belakang

Bek kanan: Jason Denayer

Pemain ini pernah berseragam Manchester City, Galatasaray hingga Lyon. Kini, ia bermain untuk klub UEA Pro League, Shabab Al Ahli. Bek Belgia berusia 27 tahun tersebut pernah mengantar Galatasaray juara Liga Turki 2017/2018 dan membawa Al Ahli ke semifinal Liga Champions Asia.

Bek tengah: Konstantinos Manolas

Dia merupakan Dewa Yunani di AS Roma sebelum hijrah ke Napoli, lalu kembali ke Olympiakos. Bek tengah berusia 31 tahun tersebut kini berseragam klub asal UEA Pro League, Emirat Sharjah.

Bek tengah: Ahmed Hegazy

Bek Mesir ini didepak Slaven Bilic dari West Brom dan dipinjamkan ke klub Saudi Pro League, Al-Ittihad. Klub asal Jedah tersebut akhirnya mempermanenkan pemain yang kini berusia 31 tahun itu.

Bek kiri: Marc Muniesa

Jebola akademi La Masia itu membuat lebih dari 50 penampilan bagi klub Premier League, Stoke City. Muniesa yang berpaspor Spanyol dan berusia 30 tahun tersebut kini memperkuat klub Qatar Stars League, Al-Arabi sejak tahun 2019.

 

4 dari 5 halaman

Tengah

Gelandang tengah: Ever Banega

Banega merupakan sosok penting Sevilla antara 2014 dan 2020. Playmaker Argentina berusia 34 tahun itu meninggalkan La Liga pada 2020 setelah meraih gelar ketiga Liga Europa bersama Sevilla untuk pindah ke klub Saudi, Al Shabab.

Gelandang tengah: Steven N'zonzi

Dia bermain dalam 200 laga Premier League untuk Blackburn Rovers dan Stoke City, kemudian menjadi bintang Sevilla hingga menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis. Pemain yang pernah memperkuat Roma, Galatasaray, dan Rennes itu kini mengadu nasib di klub Qatar, Al-Rayyan.

Sayap kanan: Rafinha

Adik kandung Thiago Alcantara tetapi berbeda kewarganegaraan ini pernah bermain untuk Barcelona, Celta Vigo, Inter Milan, PSG, dan Real Sociedad. Pada September 2022 dia memilih bergabung dengan klub Qatar, Al Arabi , dengan kontrak dua tahun.

Gelandang serang: Santi Cazorla

Pemain Spanyol yang kini berusia 38 tahun itu pernah berseragam Villarreal hingga Arsenal. Setelah tidak memperpanjang kontraknya di Arsenal, dia menyusul Xavi Hernandez yang saat itu menjadi pelatih klub Qatar, Al Sadd, tiga tahun lalu dan bertahan hingga kini.

Sayap kiri: Matheus Pereira

Pemain yang kini berusia 26 tahun itu merupakan mantan Leeds United, West Brom dan Brentford. Pria Brasil ini memilih bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Hilal, dan telah memenangi Saudi Pro League, Piala Super Saudi hingga Liga Champions Asia .

 

5 dari 5 halaman

Penyerang

Striker: Paco Alcacer

Mantan striker Barcelona dan Borussia Dortmund itu akhirnya mengakhiri kontraknya dengan Villarreal dengan persetujuan bersama di musim panas. Pria Spanyol yang kini berusia 29 tahun tersebut memutuskan meneken kontrak tiga tahun dengan klub UEA, Sharjah dan bergabung dengan Manolas.

Sumber: PlanetFootball

 

Video Populer

Foto Populer