Sukses


Ini Lokasi Pusat Pelatihan Esports Pertama di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Persaingan di cabang olah raga esports semakin ketat. Tak sekadar kompetisi antaratlet, satu yang tak kalah seru adalah semakin maraknya turnamen. Walhasil, saat ini banyak pilihan bagi atlet esports untuk mengembangkan diri.

Kondisi tersebut membawa konsekuensi kebutuhan tempat latihan, partner berlaga alias sparring partner yang bermutu, sekaligus tempat untuk berdiskusi. Walhasil, keberadaan satu lokasi pelatihan esports yang terpadu menjadi sebuah keniscayaan.

Pada akhir pekan lalu, jawaban atas kebutuhan tersebut terealisasi. Saat ini sudah ada pusat pelatihan esports pertama di Indonesia. Lokasi venue ini ada di kawasan The Breeze BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Nantinya, arena yang digawangi NXL eSport Center itu bakal menjadi pusat pelatihan para atlet Sea Games 2019. Ketua Umum Indonesia Esports Association (IeSPA), Eddy Lim menyebut, keberadaan pusat pelatihan tersebut menjadi sarana sekaligus tantangan bagi para atlet esports untuk memaksimalkan pengembangan kemampuan.

Bagi Eddy Lim, tempat pelatihan ini menjadi lokasi yang mendapat rekomendasi dari IeSPA. "Ini satu di antara tempat yang kami rekomendasikan, pasti. Kami memilih yang punya spesifikasi khusus untuk para atlet esports," tutur Eddy.

Ucapan Eddy Lim mengacu pada kenyataan tak mudah menentukan suatu tempat bisa berstatus pusat pelatihan bagi atlet-atlet esports, terutama yang sudah berkelas nasional, regional atau global.

Status pusat pelatihan esports tak sekadar faktor penggunaan komputer berteknologi terkini, plus fasilitas jaringan internet yang kencang. Lebih dari itu, venue tersebut memiliki kebutuhan yang diperlukan para atlet saat berlatih dan melakukan sparring partnet.

"Lingkungan harus memadai, tidak begitu bising dan memiliki berbagai fasilitas untuk latihan fisik sang atlet," tegas Eddy. Menurutnya, para atlet esports memiliki kewajiban melakukan latihan fisik.

Pola latihan fisik berguna bagi para atlet esports, terutama dalam menjaga daya tahan konsentrasi dan tubuh ketika menghadapi tekanan saat bertanding. "Jadi, atlet esports tersebut juga butuh stamina prima dan fokus pada jam-jam terakhir," sebut Eddy.

Kini, semua komponen tersebut berada di satu venue pelatihan esports di BSD tersebut. Label pusat pelatihan tersebut adalah NXL eSport, dan nantinya bakal menjadi rekomendasi utama sepanjang persiapan menuju SEA Games 2019.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer