Sukses


Danau Tondano Bakal Gelar Kompetisi Olahraga Air Berskala Internasional, Minahasa Wakefest 2023

Bola.com, Jakarta - Ajang kompetisi olahraga air berskala internasional, yakni Minahasa Wakefest 2023 akan dilangsungkan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, pada 24-26 November 2023.

Danau Tondano akan menjadi tempat pelaksanaannya. Minahasa Wakefest 2023 mengusung tema “Lake Tondano, Home for Everyone”.

Peluncuran acara tersebut dilakukan di dalam sesi talkshow Weekly Brief with Sandiaga Uno (WBSU) yang disiarkan secara daring dari Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (13/11/2023).

Sebagai informasi, Minahasa Wakefest 2023 akan diikuti oleh 7 negara, yakni China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Dengan demikian, acara ini secara tidak langsung memajukan Danau Tondano dan Kabupaten Minahasa ke panggung internasional.

 

 

2 dari 4 halaman

Apresiasi Menparekraf

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pun menjelaskan bahwa acara seperti Minahasa Wakefest 2023 dapat menjadi ajang promosi sport tourism, salah satu wisata minat khusus yang menjadi fokus Kemenparekraf.

"Kami melihat sports tourism sebagai fase baru pariwisata pasca Covid-19," kata Sandiaga. 

"Wisata jenis ini tumbuh sangat signifikan dengan total 20-30 persen dari seluruh traveller yang datang ke Indonesia adalah wisatawan minat khusus yang subsektornya adalah sports tourism." 

"Justru masa depan dari pariwisata minat khusus ini secara berkelanjutan ada di sports tourism,” tambahnya. 

3 dari 4 halaman

Wakeboard dan Wakesurfs

Ketua Panitia Minahasa Wakefest 2023 Rio Dondokambey menyebut Minahasa Wakefest 2023 akan memperlombakan dua cabang olahraga air, yakni wakeboard dan wakesurfs.

Menurut Rio Dondokambey, kedua olahraga air itu memang jarang diketahui oleh masyarakat awam, tetapi sebenarnya sudah digemari di Indonesia sejak lebih dari 20 tahun lalu. Bahkan, Indonesia memiliki atlet legendaris di dua cabang olahraga tersebut.

"Di Sulawesi Utara banyak pemain yang berperan mempopulerkan olahraga ini sebenarnya. Memang, di beberapa wilayah lain belum familiar tetapi Sulawesi Utara sendiri menjadi pemain yang cukup legendaris di cabang olahraga ini,” kata Rio.

 

Rio juga menjelaskan bahwa akan ada beberapa kategori yang akan dipertandingkan dalam Minahasa Wakefest 2023.

Pada cabang wakeboard terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, Advance Men and Women, Masters Men and Women, serta Open Men and Women.

Pada cabang wakesurfs, terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, serta Open Men dan Women.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Wakeboard dan Wakesurfs

Ada perbedaan di antara wakeboard dan wakesurfs. Wakeboard adalah kombinasi dari waterskiing, snowboarding, dan surfing.

Pada kompetisi, setiap rider wakeboard diperbolehkan untuk menunjukkan rutinitas manuver yang mereka pilih.

Penilaian akan ditekankan pada eksekusi, intensitas, dan komposisi. Rider diharapkan dapat menunjukkan manuver smooth, mengalir, dan dengan berbagai variasi trik. Semua harus dieksekusi dengan rapi dan setinggi mungkin dari permukaan air.

Sementara itu, wakesurfs adalah olahraga air di mana rider menaiki selancar. Namun, saat memulai berselancar rider berpegangan pada sebuah tali penarik yang dikaitkan pada perahu.

Setelah papan seluncur naik ke permukaan air, mereka melepaskan tali penari tersebut dan bebas berselancar.

 

Video Populer

Foto Populer