Sukses


Bungkam Laos, Timnas Indonesia U-16 ke Piala Asia dengan Sempurna

Bola.com, Bangkok - Timnas Indonesia U-16 mengakhiri Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan sempurna. Tim asuhan Fachri Husaini itu menang telak 3-0 atas Laos di pertandingan Grup G yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Jumat (22/9/2017). Tim Garuda Asia lolos ke Piala Asia U-16 2018 sebagai juara grup.

Timnas Indonesia U-16 tampak tidak terlalu ngotot dalam menghadapi Laos. Justru tim asuhan Fachri Husaini ini terlihat beberapa kali mendapatkan kepungan dari pemain Laos yang mencoba menyerang dan memecah lini pertahanan Tim Garuda Asia untuk membuat peluang.

Namun, Timnas Indonesia U-16 berhasil memecah kebuntuan dan mencetak gol lebih dulu. Sutan Diego Armando kembali memperlihatkan ketajaman di depan gawang Laos dan membukukan gol kesembilan dalam kualifikasi ini. Keunggulan 1-0 yang diraih Tim Garuda Asia bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Timnas Indonesia U-16 berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-58. Sutan Diego Armando kembali menjadi pencetak gol, yang membuatnya kini kian kukuh di daftar pencetak gol Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan 10 gol.

Peluang emas didapatkan tim asuhan Fachri Husaini pada menit ke-74 melalui Rendy Juliansyah. Pemain yang baru masuk pada awal babak kedua itu berhasil melewati tiga pemain Laos. Namun, tembakannya masih terlalu lemah hingga bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Laos, Dim Phoutthavong.

Rendy Juliansyah akhirnya berhasil menyumbangkan gol dalam pertandingan ini. Tepatnya pada masa injury time, Rendy membobol gawang Laos dari titik putih untuk membawa Tim Garuda Asia unggul tiga gol tanpa balas.

Keunggulan 3-0 atas Laos membuat Timnas Indonesia U-16 memastikan diri berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia pada September hingga Oktober 2018. Tim Garuda Asia lolos dengan nilai sempurna, 12 poin dari empat laga yang sudah dimainkan. 

Sebelum menang 3-0 atas Laos, Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan telak 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara di laga pertama, yang dilanjutkan dengan kemenangan 3-1 atas Timor Leste, dan meraih kemenangan tipis 1-0 atas Thailand.

Susunan pemain:

Laos (3-5-2): Dim Phoutthavong (kiper); Songkan Sachanthavong, Hatsachanh Phonephavanh, Anoulack Vannalath (belakang); Phonesavanh Keomanyvong, Ananthana Chanthamaly, Sisouphonh Ackhayong, Phoutthalak Thongsanith, Soubanh Keopheth (tengah); Akkhom Thorarin, Chony Wenpaserth (depan)

Pelatih: Kanlaya Sysomvang

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Amiruddin Bagas Arrrizqi, Mochamad Yudha Febrian, Ahmad Rusadi (belakang); Muhammad Salman Alfarid, Komang Teguh Trisnanda, Brylian Negietha Aldama (Rendy Juliansyah, 46'), Miftahul Husyen Rahmatullah (Muhammad Supriadi, 46') (tengah); Andre Oktaviansyah, Amanar Abdillah, Sutan Diego Armando (depan)

Pelatih: Fachri Husaini

 

Video Populer

Foto Populer