VIDEO: Cerita Jakmania yang Rela Habiskan Jutaan Rupiah Dukung Persija di Luar Negeri

VIDEO: Cerita Jakmania yang Rela Habiskan Jutaan Rupiah Dukung Persija di Luar Negeri

- Sebagai suporter yang loyal, ke mana pun Persija bermain, akan selalu ada Jakmania mendampingi tim kesayangan. Dua di antaranya adalah Fadli "Metal" dan Anda.

Kisah loyalitas kedua Jakmania tersebut terungkap saat Persija menantang wakil Vietnam, Song Lam Nghe An, pada match day ketiga penyisihan Grup H Piala AFC 2018, Selasa (6/3/2018). Klub itu berbasis di Provinsi Nghe An, provinsi terbesar di Vietnam yang beribu kota di Vinh.

"Saya mengeluarkan dana sekitar 5 juta rupiah, hanya untuk tiket pesawat dari Jakarta ke Vinh. Jumlah itu belum termasuk untuk akomodasi, makan serta kebutuhan lain selama di Vinh sampai pulang," tutur Andar kepada Bola.com.

Selain harus merogoh kocek sendiri, perjalanan dari Jakarta menuju Vinh juga cukup menguras waktu. Pasalnya, tak ada penerbangan langsung dan harus transit beberapa kali. Dari Jakarta menuju Kuala Lumpur, Kuala Lumpur terbang ke Ho Chi Minh, baru meneruskan penerbangan ke Vinh.

Kecintaan terhadap Persija tak hanya menembus ruang batas dan waktu melainkan juga logika dan akal sehat. Jadi, tak heran kedua Jakmania rela mendampingi tim Macan Kemayoran hingga ke markas lawan. (Reza Khomaini)

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 14 March 2018, 13:30 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights