Sukses


Prediksi Persib Vs Persipura: Batu Loncatan bagi Maung Bandung

Bola.com, Bandung - Pasukan Persib Bandung akan menjamu tim pamuncak klasemen sementara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (12/5/2018) malam. Laga pekan ke-8 kompetisi kasta elite jadi batu loncatan bagi Tim Maung Bandung buat menerobos persaingan papan atas.

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez menegaskan pertandingan lawan Persipura nanti merupakan pertandingan yang sangat penting bagi Persib Bandung, apalagi tim Persipura adalah satu tim yang tangguh di Liga 1.

"Tapi kami bisa memainkan seluruh pemain dan kami sangat siap untuk pertandingan nanti. Tiga poin menjadi target kami," tegas Mario Gomez di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Jumat (11/5/2018).

Pelatih asal Argentina ini menilai duel Maung Bandung kontra Mutiara Hitam nanti akan berjalan sengit dan seru. "Kami tahu mereka mempunyai pertahanan yang solid dan lini depan mereka juga berbahaya. Jadi pertandingan nanti sengit, tapi kami sangat yakin karena suasana pemain sangat baik. Selain itu bermain di rumah sendiri, karena itu kami perlu bobotoh untuk memenuhi stadion nanti," ucap Gomez.

Disinggung Persipura sedikit pincang lantaran satu pemain asingnya Hilton Moreira dipastikan absen, eks asisten pelatih Valencia dan Inter Milan ini menegaskan bahwa hal itu tidak akan berpengaruh besar bagi tim asuhan Peter Butler tersebut.

"Saya tahu Hilton Moreira pemain yang bagus, tapi mereka punya pemain lain yang kualitasnya sama. Jadi satu orang tidak main, saya pikir mereka masih punya penggantinya. Saya lebih memikirkan tim saya sendiri untuk melanjutkan tren positif di Bandung," ungkap pelatih berusia 61 tahun itu.

Persib Bandung saat ini ada di posisi 12 klasemen sementara dengan torehan delapan poin. Atep dkk. meraup dua kali kemenangan, seri, dan kekalahan. Mereka masih punya tabungan satu laga, yakni duel melawan Persija.

Raupan poin absolut atas Persipura membuka peluang Tim Maung Bandung masuk zona lima besar. Margin poin papan atas dan tengah amat tipis.

2 dari 3 halaman

Superioritas Tandang

Sementara itu, pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler percaya diri bisa mengalahkan Persib Bandung di pekan kedelapan Gojek Liga 1 bersama Bukapalak, Sabtu (12/5/2018). Persiapan yang matang menjadi alasannya.

Sebelum bergerak ke kota kembang penggawa Persipura di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, sejak awal pekan ini.

"Kami berangkat dari Jayapura hari Minggu lalu. Kami serius menatap laga melawan Persib," ungkap Peter dalam sesi konfrensi pers sebelum laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Jumat (11/5/2018).

Peter juga tak pusing sekalipun Persipura kehilangan pemain penting karena cedera. Sebut saja striker asal Brasil, Hilton Moreira.

"Saya tidak masalah kehilangan satu atau dua pemain. Sudah ada pelapis dengan kualitas sepadan yang kami siapkan," kata mantan arsitek Persiba Balikpapan itu.

Peter tak ragu-ragu memainkan pilar muda menggantikan pemain utama berstatus senior, sekalipun mereka minim jam terbang. Fakta menunjukkan pemain belia Persipura punya mentalitas tangguh melakoni duel-duel keras sarat tekanan.

Namun, Peter menyadari bahwa tidak mudah mengalahkan Persib di kandangnya. Terlebih secara statistik, dalam lima pertandingan sebelumnya sejak 2014 lalu, tim berjulukan Mutiara Hitam itu tak pernah menang dari Tim Maung Bandung.

"Tapi saya tidak mau fokus terhadap rekor-rekor kami saat berjumpa Persib. Meski Persib merupakan tim besar di Indonesia dan memiliki suporter yang fanatis, Persipura juga punya pemain berkualitas yang kalah," ujar Peter.

Wajar jika Peter percaya diri. Persipura dikenal sebagai tim yang jago tandang. Kesuksesan mereka merajai kompetisi elite periode 2008-2009, 2010-2011, 2013, dan 2016, karena superioritas Boaz Solossa dkk. di kandang lawan.

Di tujuh laga Liga 1 2018 Persipura sudah meraup poin cukup lumayan di laga away. Mereka menahan imbang Barito Putera dan Sriwijaya FC 2-2.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Henhen Herdiana, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (Belakang); Ghozali Siregar, Dedi Kusnandar, Oh In-kyun, Febri Hariyadi (Tengah); Ezechiel N'douassel, Jonathan Bauman (Depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persipura Jayapura (4-4-2): Dede Sulaiman (Kiper); Yohanis Tjoe, Boas Atururi, Abdoulaye Maiga, Yustinus Pae (Belakang); Prisca Elisa Womsiwor, Muhammad Tahir, Elisa Yahya Basna, Ian Louis Kabes (Tengah); Boaz Salossa, Marcel Sacramento (Depan)

Pelatih: Peter Butler

Video Populer

Foto Populer