Sukses


Ramadan Karim dan Potret Kehidupan Islami Pemain Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kehidupan beragama di Indonesia sudah sangat melekat dengan masyarakat. Tak terkecuali dengan pesepak bola, baik di klub maupun Timnas Indonesia.

Saat menjalani pemusatan latihan, pemain Timnas Indonesia yang beragama Islam tak lupa membawa perlengkapan ibadah, terutama baju koko dan sarung.

Dalam pemusatan latihan, pemain juga tidak meninggalkan ibadah wajib. Salat Jumat misalnya. Mereka biasanya mendapatkan waktu senggang untuk salat Jumat berjamaah di masjid terdekat.

Bahkan, mereka pun tetap menyertakan peralatan salat saat bertanding di luar negeri. Saat berada di luar negeri, para pemain juga tetap melaksanakan salat Jumat, biasanya difasilitasi pihak KBRI di masjid yang dekat dengan penginapan, atau di kantor KBRI.

Menyambut bulan Ramadan tahun ini, Bola.com merangkum momen-momen saat pemain Timnas Indonesia beribadah, baik saat pemusatan latihan maupun ketika mengikuti turnamen di luar negeri.

 

1 dari 6 halaman

1. Jumatan di Myanmar

Egy Maulana Vikri berpose dengan fan cilik, saat Timnas Indonesia U-19 berlaga di Piala AFF U-19 2017, di Yangon, Myanmar. Egy terlihat semakin ganteng dengan baju koko biru cerah dan sarung yang berwarna senada.

Pada waktu itu, pemain Timnas Indonesia U-19 melaksanakan salat Jumat di masjid Al Muhajirin KBRI Yangon.

Baju koko dan sarung merupakan barang yang wajib ada dalam koper Egy, ketika mengikuti pemusatan latihan atau turnamen. 

Pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-19 seusai melaksanakan salat Jumat di Yangon, Myanmar (8/9/2017). (Bola.com/Aning Jati)

2 dari 6 halaman

2. Salat Jumat Menjelang Final Piala AFF 2016

Hansamu Yama dan Evan Dimas terlihat adem saat mengenakan baju koko dan sarung. Momen ini saat mereka berada di Bangkok, Thailand, menjelang final Piala AFF 2016.

Seperti biasa, para pemain melaksanakan salat Jumat berjamaah di masjid yang dekat dengan hotel. 

Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas (kiri) dan Hansamu Yama Pranata bersiap melaksanakan salat Jumat di Yamie Unmuttageen Mosque, Thailand (16/12). Indonesia akan melakoni final kedua Piala AFF 2016 melawan Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain lain, walau tidak mengenakan baju koko, tetap terlihat ganteng saat akan beribadah. Biasanya mereka memakai seragam nonlatihan berwarna hijau.

3 dari 6 halaman

3. Salat Magrib Berjamaah di Tribune Stadion Malaysia

Momen yang bikin adem ini terjadi di Stadion Universiti Kebanggaan, Malaysia, saat perhelatan SEA Games 2017. Seusai latihan, mereka pun tak mau ketinggalan jam salat Magrib. Alhasil, Septian David Maulana dan Rezaldi Hehanussa berjamaah di tribune.

Pemain Timnas Indonesia juga terbiasa salat berjamaah di ruang ganti. 

4 dari 6 halaman

4. Rayakan Idul Adha di Vietnam

Pemain Timnas Indonesia U-19 era Eduard Tjong mengikuti Piala AFF U-19 2016 di Hanoi, Vietnam. Mereka pun harus rela merayakan Idul Adha jauh dari keluarga.

Para pemain melaksanakan salat Ied di masjid Al Noor, Hanoi, bersama ofisial dan WNI. Sebagian dari mereka saat ini sudah naik level ke Timnas Indonesia U-23 dan senior, seperti Hanif Sjahbandi, Awan Setho Raharjo, Satria Tama, dan Andi Setyo Nugroho.

5 dari 6 halaman

5. Tadarus Seusai Latihan Pagi

Sama seperti umat Islam pada umumnya, pesepak bola Indonesia juga memanfaatkan bulan Ramadan untuk menyelami kitab suci. Seperti Muhammad Hargianto, ia biasa melakukan tadarus pada bulan puasa.

Biasanya, tadarus dilakukan bersama-sama seusai latihan pagi. Maklum, jadwal mereka cukup padat di bulan puasa. Pertandingan liga berjalan pada pukul 20.00 WIB seusai salat tarawih.

Mereka pun harus beristirahat setelah pertandingan dan bangun dini hari untuk sahur.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer