Sukses


Prediksi Barito Putera Vs Persela: Tuan Rumah Harus Konsisten

Bola.com, Banjarmasin - Barito Putera menjamu Persela Lamongan dalam laga pekan ke-10 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kamis (24/5/2018) malam. Tim tuan rumah yang berada di papan atas klasemen sementara Liga 1 2018 ingin menjaga konsistensi dengan mencoba melanjutkan tren kemenangan yang mereka raih dalam dua pertandingan terakhir.

Barito Putera berhasil meraih dua kemenangan dalam dua laga terakhir mereka, menang 4-1 atas PSIS Semarang di Banjarmasin dan menang tipis 1-0 atas Perseru Serui di Malang. Kembali tampil di hadapan para pendukungnya di Stadion 17 Mei, Barito Putera ingin melanjutkan tren positif tersebut. Namun, pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, menegaskan timnya perlu konsistensi.

"Saat ini tim sudah berada di jalur yang benar. Namun, tim ini masih membutuhkan konsistensi. Kami tak berpikir kami menjadi pemuncak klasemen setelah pertandingan ini karena ini bukan tergantung kepada tim kami saja. Ketimbang memikirkan tim lain, kami lebih fokus menghadapi pertandingan dan tugas kami," tegas Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu juga tak ingin anak-anak asuhnya meremehkan Persela Lamongan hanya demi meraih tiga poin dan meneruskan tren positif. Jacksen mengingatkan bagaimana Persela bisa membuat Persija takluk di pertandingan terakhir dan bukan tak mungkin membuat kejutan saat bermain di Banjarmasin.

"Mungkin bagi orang lain Persela bukan tim yang menonjol. Namun, kami memiliki data dan mengukur kekuatan mereka pada musim ini, dan itu luar biasa. Persela bisa mengalahkan PSM dengan skor cukup telak di Makassar. Mereka bisa mengalahkan Persija dengan sebuah permainan yang luar biasa," ujar pelatih berusia 49 tahun itu.

"Di luar gol kontroversial yang terjadi, permainan Persela cukup baik. Maka dari itu kami harus waspada dan lebih mempersiapkan diri karena mereka bisa menjadi sebuah ancaman. Mereka memiliki potensi yang luar biasa," lanjutnya.

Barito Putera saat ini berada di peringkat keempat dalam klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 16 poin, terpaut satu poin dari Persipura Jayapura dan PSM Makassar yang berada di dua posisi teratas. Sementara itu, Persela mengekor di posisi keenam hanya dengan hanya terpaut tiga poin.

2 dari 3 halaman

Persela Pantang Kendur

Bermain di markas Barito Putera tak akan mudah bagi semua tim tamu, tak terkecuali bagi Persela melawat ke markas Barito, Kamis (24/5/2018) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Hal itu disadari sepenuhnya oleh kubu Persela. Maklum, Barito memiliki rekor kandang mengilap. Wallace Costa Alves dkk. pun wajib tampil optimal sejak kick-off hingga laga usai.

"Asal tak kendur seperti saat menang lawan Persija, kami optimistis bisa mencuri poin di kandang Barito," ujar Aji Santoso, pelatih Persela.

Aji memang tak secara spesifik membeberkan taktik yang akan ia terapkan di laga tersebut. Namun, bisa jadi ia menginstruksikan anak buahnya untuk memberikan tekanan secara spartan dan menutup ruang gerak sejumlah pemain kunci Barito Putera layaknya ketika mengalahkan Persija.

Ada sejumlah pemain Barito Putera yang sebelumnya disebut berpotensi membahayakan gawang Persela. Selain sang jenderal lapangan tengah, Douglas Packer, ada juga Samsul Arif dan Rizky Pora. Dua nama terakhir merupakan pemain dengan kecepatan dan kemampuan di atas rata-rata.

"Tidak ada pemain yang kami tugaskan untuk mematikan pemain Barito secara tertentu, namun siapa yang terdekat itulah yang harus mengawal," ujar Aji.

Pelatih kelahiran Malang itu juga meminta anak buahnya tak membuat kesalahan sendiri, terutama di zona mereka sendiri. Menurutnya, melawan Barito, sekecil apa pun kesalahan yang dilakukan pemain Persela bisa berakibat fatal.

Namun Persela mengisyaratkan tetap bermain normal meski lebih waspada. Seperti diketahui, Aji tipikal pelatih yang lebih menyukai permainan menyerang dengan mengandalkan bola-bola pendek yang mengalir cepat.

Sayang, di pertandingan ini Persela tidak bisa diperkuat Ahmad Birrul Walidain yang terkena satu kali larangan main akibat akumulasi kartu kuning. Namun, Aji tak khawatir karena Persela masih memiliki Eky Taufik yang bisa digeser dari posisi aslinya (bek sayap kiri) ke kanan. Sementara posisi Eky akan diisi Gusti Rustiawan.

Sementara perwakilan pemain, Fahmi Alayyubi menyatakan kesiapannya tampil optimal sekaligus mewujudkan ambisi mencuri angka dari Barito. "Saya dan rekan-rekan dalam kondisi bagus. Kami akan berusaha tampil maksimal dan menjalankan instruksi pelatih," sebutnya.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Muhammad Rifki, Aaron Evans, Hansamu Yama Pranata, Nazar Nurzaidin (belakang); Raffi Syaharil, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba (tengah); Douglas Packer, Rizky Pora, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Jacksen F Tiago

Persela Lamongan (4-2-3-1): M. Ridwan (kiper); I Gusti Rustiawan, Wallace Costa, Samsul Arifin, Eky Taufik (belakang); Subagja Baasith, Shohei Matsunaga, Fahmi Al Ayyubi, Diego Assis, Guntur Triaji (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Video Populer

Foto Populer