Sukses


    Kans Timnas Singapura U-23 Tampil di Asian Games 2018 Kian Tipis

    Bola.com, Singapura - Kesempatan Timnas Singapura U-23 tampil di Asian Games 2018 bak di ujung tanduk. Hal itu setelah Singapore National Olympic Council (SNOC) dan Sport Singapore (SportSG) mengeluarkan daftar berisi 246 atlet serta 22 cabang olahraga yang diikuti Singapura di Asian Games 2018. Dalam daftar yang dirilis pada Rabu malam (30/5/2018) itu, tak tercantum cabor sepak bola.

    Isu Timnas Singapura U-23 tak bisa tampil di Asian Games 2018 sudah mengemuka setidaknya sejak awal Mei lalu. Persoalannya, cabor sepak bola putra Singapura tak bisa memenuhi kriteria yang diajukan SNOC dan SportSG, yakni berada pada ranking keenam atau mengalahkan tim di peringkat keenam Asian Games edisi sebelumnya.

    Namun, Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS), masih belum menerima keputusan itu. The New Paper pada edisi Kamis (31/5/2018) menulis FAS masih tetap mengupayakan agar skuat asuhan pelatih Fandi Ahmad itu tetap bisa jadi bagian kontingen Singapura di Asian Games 2018.

    Kepala manajemen timnas FAS, Eric Ong, menyebut saat ini FAS masih terus menjalin komunikasi intensif dengan SNOC dan SportSG karena keikutsertaan di Asian Games, dianggap akan sangat berguna bagi perkembangan Timnas Singapura U-23.

    "Asian Games 2018 pijakan penting menuju SEA Games 2019 dan Piala AFC U-23 2020 yang merupakan jalan menuju Olimpiade Tokyo 2020," kata Ong.

    "Bertanding melawan lawan berkualitas seperti di Asian Games 2018 menjadi kunci bagi tim untuk meningkatkan daya saing dan perkembangan mereka," lanjutnya.

    "Kami akan melanjutkan diskusi dengan SNOC dan SportSG untuk banding kami," imbuh Ong.

    FAS diberi waktu hingga 15 Juni untuk membuktikan The Young Lions layak tampil di Asian Games 2018.

    Belakangan, prestasi The Young Lions memang tak terlalu meyakinkan. Di turnamen yang terakhir diikuti, Piala Hassanal Bolkiah, bulan lalu, mereka terhenti di semifinal setelah kalah 1-2 dari Timor Leste.

    Sebelumnya, Timnas Singapura U-23 kalah 0-3 dari Timnas Indonesia U-23 dalam laga uji coba di kandang sendiri pada Maret 2018. 

    Mengacu pada pengalaman Asian Games empat tahun lalu, ketika itu cabor sepak bola Singapura mendapat persetujuan tampil di Asian Games Incheon 2014 hanya sehari sebelum tenggat waktu tim menyetorkan entry by name, atau satu bulan sebelum Asian Games 2014 digelar.

    Video Populer

    Foto Populer