Sukses


Evaluasi Sriwijaya FC di Liga 1 2018: Kalahan di Kandang Lawan

Bola.com, Jakarta - Bermodal pelatih top dan banyak pemain bintang Sriwijaya FC digadang-gadang sebagai salah satu kandidat juara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Tim Laskar Wong Kito sempat dijuluki tim asing karena banyaknya legiun impor dan naturalisasi.  Sayang kelebihan-kelebihan tersebut tak lantas membuat performa Sriwijaya FC stabil di awal musim.

SFC belum sepenuhnya konsisten hingga pekan ke-13 Liga 1 2018. Pelatih Rahmad Darmawan memiliki pekerjaan rumah yang tak muda di sisa pertandingan musim ini.

Sriwijaya FC saat ini menghuni posisi keempat klasemen Liga 1 2018 dengan raihan 19 poin. Jumlah tersebut dikumpulkan berkat lima kemenangan, empat kali imbang, dan empat kali kalah.

Selisih poin dengan pemuncak klasemen sementara PSM Makassar pun sebenarnya tidak terlalu jauh. Jarak antara PSM dan Sriwijaya FC hanyalah lima angka.

Namun, rentang poin itu berpeluang melebar jika Sriwijaya FC tidak memperbaiki kelemahan mereka musim ini. Laskar Wong Kito masih memiliki kelemahan mental bertarung ketika bertandang ke kandang lawan.

Hal itu dibuktikan, sebanyak empat kekalahan yang dialami musim ini seluruhnya terjadi di kandang lawan. Hamka Hamzah dkk hanya mampu menang sekali dan dua kali imbang dalam laga tandang di Liga 1 2018.

Statistik juga mencatat, Alberto Goncalves cs. hanya mampu mencetak enam gol dan kebobolan 12 gol. Artinya klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan itu hanya mencetak 1,16 gol per enam pertandingan kandang yang sudah dilakoni musim ini.

Bek Sriwijaya FC, Marco Meraudje, merayakan gol ke gawang Persib Bandung pada laga Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak, di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Senin (1/4/2018). (Bola.com/Riskha Prasetya)

Sebaliknya, Sriwijaya FC dikenal tangguh ketika bermain di kandang. Mereka belum terkalahkan dalam enam pertandingan dengan rincian empat kemenangan dan dua kali imbang. Produktivitas gol Sriwijaya pun meningkat ketika bermain di hadapan pendukung sendiri yakni mampu mencetak 16 gol dan kebobolan lima gol.

Data dan fakta di atas sudah secara gamblang menyebut Sriwijaya FC hanya dikenal tangguh di kandang sendiri. Sementara itu, para pemain seakan kehilangan magisnya ketika bermain di depan pendukung lawan. Kelemahan ini tentu saja harus segera dibenahi oleh pelatih RD.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer