Sukses


    Malaysia Berminat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

    Bola.com, Jakarta - FIFA, pada Rabu (13/6/2018), sudah mengumumkan gabungan tiga negara, yakni Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Hal itu memantik reaksi dari tokoh sepak bola di Malaysia.

    Anggota Komite Eksekutif FIFA, Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah, memastikan tiga negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam sudah sepakat mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2034.

    Malaysia dalam hal ini Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), belum masuk gabungan itu, namun Tengku Abdullah menilai semestinya tak ada masalah jika Malaysia ikut mengajukan diri sebagai tuan rumah. 

    "Saya rasa bukan masalah jika Malaysia menunjukkan minat untuk ikut bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal ini berpulang pada FAM dan kerajaan untuk membuat keputusan," ujarnya.

    "Asia Tenggara mempunyai peluang dan kelebihan untuk menjadi tuan rumah secara bersama karena FIFA memperbolehkan tiga atau empat negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang memenangi pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026," kata pria yang baru pulang dari Kongres FIFA ke-68 di Moskow, Rusia, ini.

    "Ini saatnya buat negara di Asia Tenggara diberi kesempatan dan itu akan memungkinkan setiap negara untuk meningkatkan fasilitas serta timnas masing-masing. Apalagi, waktu masih panjang," kata Tengku Abdullah.

    Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin Abu Bakar, menyebut kajian secara menyeluruh perlu dilakukan negara di kawasan Asia Tenggara mengikuti bidding tuan rumah Piala Dunia 2034.

    Khairy menambahkan, Malaysia ingin jadi satu di antara tuan rumah Piala Dunia, 16 tahun mendatang itu.

    Sementara tenggat waktu terakhir pengajuan pendaftaran ke FIFA untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034 jatuh pada 2026.

    Sumber: Berita Harian

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

     

    Video Populer

    Foto Populer