Sukses


    Rahmad Darmawan Dukung Sepak Bola Indonesia Memakai VAR

    Bola.com, Palembang - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, mendorong sepak bola Indonesia menerapkan teknologi VAR (Video Assistant Referee). Sebelum diterapkan di Piala Dunia 2018, RD mengikuti penggunaan teknologi ini.

    "Saya pikir harus diterapkan di Indonesia, karena hal ini akan sangat memandu wasit dan menepikan isu-isu negatif di sebuah pertandingan. Pada akhirnya semua akan merasa nyaman di lapangan," katanya.

    Menurut mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 ini, teknologi VAR membuat semua proses seperti terjadinya gol, pelanggaran yang berbuah kartu akan dapat dilihat dengan lebih jelas.

    "Jadi betul terlihat mana yang layak gol, kartu atau proses lainnya. Teknologi pun sekarang tidak bisa diabaikan, walau beberapa prinsip alami tetap harus dikedepankan," ungkapnya.

    Teknologi VAR juga bisa menjadi salah satu solusi di sepak bola Indonesia, yang banyak terjadi protes berlebihan kepada wasit.

    "Saat ini memang tidak cukup hanya tiga pengadil di lapangan, sekelas FIFA saja butuh dan memang hal ini lebih untuk mengedepankan sportifitas. Saya sangat mendukung dan semoga dapat direspon pihak yang terkait," harapnya.

    Pada Piala Dunia 2018, teknologi VAR sudah diterapkan pada pertandingan Prancis kontra Australia dan Korea Selatan melawan Swedia.

     

    Video Populer

    Foto Populer