Sukses


Djanur Ingin Menerapkan Metode Latihan Klub Spanyol di Persebaya

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman mengunjungi markas Deportivo Alaves, kontestan La Liga, pada pekan lalu. Itu merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukannya dalam kursus kepelatihan AFC Pro pada 19-29 Januari 2019. 

Seperti diketahui, Alaves merupakan klub yang kini bercokol di peringkat kelima dalam klasemen sementara La Liga. Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurdjaman, membagikan pengalamannya selama berada di Negeri Matador. 

“Banyak sebetulnya ilmu yang didapat dari perjalanan di Spanyol, Eropa. Tepatnya saya melihat markas Alaves. Saya pikir, mereka klub peringkat kelima, juga termasuk tim kuat di Liga Spanyol,” kata Djanur. 

Satu hal yang menjadi perhatiannya adalah fasilitas latihan di Alaves. Di sana, lapangan latihan dilengkapi dengan ruang khusus pelatih. Hal itu tentu memudahkan untuk mengatur rencana dan progam latihan. 

Meski menerima beberapa pelajaran baru, Djanur menilai ada hal-hal yang sudah pernah didapatnya. Sebelum ke Spanyol, pria kelahiran Majalengka itu juga pernah bekerja di klub asal Italia, Inter Milan, pada 2016.

“Sebagian besar sebenarnya sudah pernah saya lakukan. Saya membiasakan hak ini ketika pulang dari Inter Milan, saya terapkan di Persib dan terbawa ke sini. Ternyata ada pelajaran penting yang memang sudah saya sampaikan,” ucapnya. 

“Betapa pentingnya persiapan sebelum latihan inti. Kalau di sana mereka punya satu camp dan ruangan gym. Kelompok umur mana pun, mereka selalu gym sebelum latihan,” imbuh pelatih berusia 54 tahun itu. 

Selama di Persebaya, Djanur berusaha menerapkan hal serupa kepada seluruh pemain. Dengan dibantu staf pelatih, biasanya Ruben Sanadi mengawali latihan dengan beberapa porsi latihan fisik sederhana. 

“Karena kami latihan di lapangan yang berpindah-pindah, dengan alat-alat sederhana saya sudah sampaikan itu. Mereka yang sudah maju akan melakukan itu. Sisanya ada banyak sekali yang lain,” ujarnya.

Video Populer

Foto Populer