Sukses


Barito Putera Dapat Pelajaran dari Semen Padang Jelang Piala Presiden

Bola.com, Malang - Barito Putera mendapatkan hasil kurang memuaskan dalam uji coba terakhirnya selama pemusatan latihan di Kota Batu. Mereka ditahan 1-1 oleh tim promosi Liga 1 2019, Semen Padang, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Selasa (26/2/2019).

Barito Putera sempat unggul dengan gol cepat Yacob Sayuri. Pemain sayap asal Papua itu bisa memanfaatkan celah lini belakang. Tetapi, setelah unggul, mereka justru menurunkan tempo permainan.

Di babak kedua gawang Barito Putera dibobol striker seleksi Semen Padang asal Perancis, Florent Zitte.

Pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago, mengakui tim asuhannya masih memiliki beberapa kekurangan sehingga dia senang bisa mengetahuinya sebelum terjun di Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar.

"Di babak pertama, harusnya kami bisa menentukan hasil akhir pertandingan karena sudah unggul cepat. Tapi, setelah unggul, kami terlalu lama memainkan bola. Jadi, kami tidak bisa memanfaatkan momen untuk menang. Namun, tidak masalah, ini uji coba," jelas pelatih asal Brasil tersebut.

Dalam uji coba ini, Jacksen melihat Semen Padang bermain bertahan sehingga ini bukan jadi simulasi Barito Putera untuk pertandingan pertama Piala Presiden melawan Arema.

 

2 dari 2 halaman

Hal Positif

Tetapi, Jacksen tetap mendapat hal positif dari uji coba ini, yakni menemukan cara untuk menghadapi tim bertipikal bertahan.

"Kalau melawan Arema nanti, pasti mereka main menyerang, tidak seperti Semen Padang. Barito Putera harus bisa main fleksibel. Bagaimana menghadapi tim yang menyerang atau bertahan," tuturnya.

Jakcsen menambahkan dalam uji coba ini timnya masih belum berada di kondisi puncak mengingat beberapa pemain belum fit karena masih dalam pemusatan latihan di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu. Termasuk pemain asing.

Jacksen hanya bisa menurunkan tiga pemain asing, yakni Yoo Jae-hoon, Arthur Jesus, dan Lucas Ramos, sedangkan Rafael Silva masih cedera. Di babak kedua, Arthur ditarik keluar karena kondisinya belum fit lantaran diare.

"Kami akan pantau terus kondisi pemain sampai menjelang Piala Presiden," imbuhnya.

Barito Putera mematok target untuk lolos dari fase Grup E Piala Presiden. Mereka satu grup dengan Arema, Persela Lamongan serta Persita Tangerang. Jika dilihat dari komposisi pemain, Barito Putera dinilai sangat bisa bersaing untuk memperebutkan tiket ke babak selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer