Sukses


Prediksi Barito Putera Vs Persita: Mencari Poin yang Hilang

Bola.com, Malang - Pertemuan Barito Putera menghadapi Persita Tangerang di matchday kedua Grup E Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar, dari Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (9/3/2019), diprediksi berjalan timpang.

Di atas kertas, Barito Putera diatas kertas unggul segalanya mengingat kedua tim beda kasta. Musim ini Barito Putera membentuk tim yang tangguh untuk bersaing sebagai klub papan atas Indonesia, sementara Persita berada di kasta kedua.

Kendati demikian, pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, mengaku tidak akan mengubah pola atau cara bermain tim asuhannya sehingga tim berjulukan Laskar Antasari itu bakal fight seperti laga pertama melawan tuan rumah Arema  (4/3/2019).

Barito ingin mencari poin yang hilang setelah kalah 2-3 dari Arema. 

"Cara bermain kami tidak akan berubah. Yang berubah mungkin hanya komposisi pemain karena Evan Dimas dan Samsul Arif sudah bergabung dengan Timnas Indonesia, dan kami sudah antisipasi sejak pemusatan latihan di Batu," kata pelatih asal Brasil itu.

Pemain pelapis Barito Putera tidak kalah kualitas karena masih ada Paulo Sitanggang hingga striker asing Rafael Silva. Ini memperlihatkan keseriusan Barito Putera untuk memetik kemenangan perdana di Piala Presiden 2019.

Maklum, mereka mematok target lolos dari fase grup sehingga Bayu Pradana dkk. harus menyapu bersih pertandingan melawan Persita dan Persela Lamongan.

"Setelah kalah melawan Arema, pertandingan ini (Persita) sangat menentukan langkah kami selanjutnya. Jadi, harus menang," imbuhnya.

Dari segi permainan, Barito Putera sudah memperlihatkan kegarangannya saat melawan Arema. Mereka hanya kurang beruntung ketika 15 menit terakhir kecolongan tiga gol. Evaluasi sudah dilakukan, terutama untuk mengatasi bola kemelut di daerah sendiri dan bola mati dari lawan.

 

2 dari 3 halaman

Temukan Kelemahan

Meski begitu, Jacksen enggan memandang Persita sebagai tim lemah. Meski diperkuat 100 persen pemain lokal, ada beberapa alumni Liga 1 yang punya pengalaman, seperti M. Roby, Amarzukih, Egi Melgiansyah, Jecky Arisandi dan nama lainnya. Striker Aldy al Achya juga sudah bergabung setelah melangsungkan pernikahan.

“Tidak ada lawan mudah di sini, dan sudah kami tegaskan, Barito Putera akan bermain serius di setiap pertandingan. Semua pemain harus mengeluarkan performa terbaik untuk evaluasi terakhir sebelum Liga 1 dimulai,” ujarnya.

Di kubu Persita, pelatih Widodo Cahyono Putro sudah menemukan kelemahan tim yang wajib diperbaiki, yakni transisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya.

Saat melawan Persela Lamongan di pertandingan pertama, mereka kalah 0-2 karena kurang cepat ketika transisi bertahan.

"Sudah kami jadikan catatan tersendiri evaluasi dari pertandingan pertama. Sekarang tinggal melihat hasilnya seperti apa melawan Barito Putera. Tapi, secara umum saya ingin melihat pemain kembali memberikan perlawanan di lapangan. Mereka harus main lepas," kata mantan pelatih Bali United ini.

Seperti disampaikan sebelumnya, dalam turnamen ini Persita tidak pasang target tinggi. Mereka hanya ingin mengimbangi tiga tim lawan yang berasal dari kasta tertinggi Liga 1. Ini jadi persiapan awal agar mereka bisa kembali ke kasta tertinggi musim depan.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jae Hoon (K); Andri Ibo, Artur Jesus, Doni Monim, Rony Beroperay (B); Paulo Sitanggang, Lucas Silva, Bayu Pradana (T); Prisca Womsiwor, Rafael Silva, Yacob Sayuri (D)

Pelatih: Jacksen Tiago

Persita (4-4-2): Annas Fitrianto (K); Amarzukih, M. Roby, Rio Ramandika, Jeki Arisandi (B); Kito Chandra, Egi Melgiansyah, M. Toha, Ade Jantra (T); Diego Banowo, Azka Fauzi (D)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Video Populer

Foto Populer