Sukses


Jacksen F. Tiago Tanggapi Dingin Rilis Jadwal Liga 1 2019

Bola.com, Banjarmasin - Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago tak begitu antusias membahas jadwal Liga 1 2019 yang dirilis PT Liga Indonesia Baru. Sikap dingin ini, bukan berarti arsitek asal Brasil ini tak peduli dengan jadwal yang akan dilakoni pasukannya.

"Saya ingin fokus persiapan akhir tim. Saya harus bekerja keras, karena beberapa pertandingan pramusim lalu tak sesuai harapan. Apalagi masih banyak hal yang harus dilakukan dengan tim ini, daripada memelototi jadwal kompetisi," kata Jacksen Tiago.

Dia mengaku sempat sekilas mempelajari rancangan jadwal Barito Putera. Namun konsentrasi mantan pelatih Persipura ini kembali pada program tim.

"Saya sudah melihat jadwalnya. Tapi saya tidak mempelajari dengan detail. Jadwalnya kan masih draft, jadi bisa berubah lagi. Saya akan kordinasi dengan manajemen bila kami ingin mengusulkan perubahan jadwal ke PT LIB," ujarnya.

Jacksen Tiago yang kenyang pengalaman berkompetisi di Indonesia mulai jadi pemain hingga pelatih sudah biasa bila jadwal pertandingan selalu terjadi perubahan.

"Saya sudah lama di sini (Indonesia), jadi biasa saja menghadapi perubahan jadwal. Meski begitu saya suka berkarir di Indonesia. Tiap musim selalu ada perubahan jadwal. Terutama bila kompetisi bertabrakan dengan bulan Ramadan atau agenda politik. Ini seninya sepakbola Indonesia," tuturnya.

Apalagi saat mengikuti kursus pelatih di Brasil, Jacksen Tiago mendapat materi soal problematika di luar tim, seperti penundaan jadwal pertandingan tersebut.

"Saat ikut kursus di CBF, ada materi khusus soal jadwal pertandingan. Pelatih harus tahu apa yang dilakukan jika menghadapi jadwal yang berubah, baik karena teknis atau force majeure," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer